Sejuta Manfaat Biji Bunga Matahari Untuk Kesehatan

citra indah

Sejuta Manfaat Biji Bunga Matahari Untuk Kesehatan - Di Indonesia umumnya biji bunga matahari dijadikan snack atau makanan ringan yang biasa disebut dengan kwaci biji bunga matahari. Siapa sangka ternyata banyak sekali manfaat yang terkandung dalam biji bunga matahari ini. Pada kesempatan kali ini kami akan membahaskan beberapa manfaat-manfaatnya. Agar pembahasannya tidak terlalu panjang dan lebar langsung saja anda simak beberapa keterangan dari kami ini, semoga bisa bermanfaat serta menambah wawasan anda. Berikut informasi tentang Sejuta manfaat biji bunga matahari untuk kesehatan.

Sejuta Manfaat Biji Bunga Matahari Untuk Kesehatan
Sejuta Manfaat Biji Bunga Matahari Untuk Kesehatan

Kandungan nutrisi dalam biji bunga matahari

Biji bunga matahari mempunyai beberapa kandungan, diantaranya yaitu:

* Vitamin E

Biji bunga matahari mempunyai kandungan vitamin E yang bisa melawan radikal bebas serta melawan sel-sel dari kerusakan termasuk sel otak, selain juga bisa mencegah penyakit jantung.

* Magnesium

Magnesium membantu mencegah asma, mencegah sakit kepala dan menurunkan tekanan darah tinggi.

* Selenium

Selenium merupakan mineral yang bisa membantu untuk memperbaiki DNA, mengurangi perkembangan sel kanker serta membantu mencegah penyakit jantung.

* Kandungan lainnya

Kandungan lain seperti Vitamin B 1, vitamin B 3, vitamin B 5, tembaga, fosfor, folat dan mangan.

Manfaat bibi bungan matahari untuk kesehatan

1. Sebagai sumber antioksidan

Biji bunga matahari mengandung vitamin E yang bisa berperan sebagai antioksidan untuk menangkal serangan radikal bebas sehingga bisa mencegah kerusakan sel dan mutasi sel.

2. Membantu pertumbuhan

Menurut para pakar peneliti, biji bunga matahari sangat baik buat pertumbuhan, karena di dalam biji bunga matahari terkandung protein yang diperlukan oleh tubuh, dalam setiap 100 gram biji bunga matahari terkandung sekitar 21% gram protein.

3. Untuk melindungi syaraf

Dalam biji bunga matahari terkandung vitamin B1 yang bisa berfungsi untuk memperkuat lapisan myelin saraf yang berguna untuk melindungi syaraf.

4. Untuk kesehatan otak

Dalam biji bunga matahari terkandung folat yang sangat tinggi, folat tersebut merupakan nutrisi yang baik buat otak, sehingga bisa menjaga kesehatan otak serta juga bisa membantu fungsi otak.

5. Untuk kesehatan tulang

Kandungan fosfor, mineral dan magnesium yang terdapat dalam biji bunga matahari sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan menjadikannya tetap kuat serta tidak mudah rapuh. Maka dari itu biji bunga matahari sangat baik untuk dikonsumsi.

6. Menurunkan kolesterol

Dalam biji bunga matahari banyak terkandung pitosterol yang bisa membantu menurunkan kolesterol serta bisa meningkatkan respon serta menurunkan resiko terkena penyakit kanker.

Baca juga : Cara alami menurunkan kolesterol yang tinggi

7. Untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah

Vitamin E yang terkandung dalam biji bunga matahari bisa berperan aktif dalam pencegahan penyakit kardiovaskular, sebagai antioksidan vitamin E mencegah oksidasi kolesterol oleh radikal bebas, radikal bebas tersebut bisa menyebabkan penyumbatan pada arteri.

8. Mengurangi resiko diabetes

Biji bunga matahari mengandung asam klorogenat yang bisa mengurangi kadar gula darah dengan cara membatasi pemecahan glikogen yang terdapat di dalam organ hati.

Baca juga : Cara mudah cegah diabetes sejak dini

9. Mengurangi resiko kanker

Dalam biji bunga matahari terkandung mineral selenium bisa mencegah kerusakan sel serta mampu memperbaiki DNA sel. Selenium juga bisa mengurangi resiko kanker kolon, kanker prostat serta kanker kandung kemih.

10. Menurunkan kadar gula dalam darah

Biji bunga matahari juga banyak mengandung senyawa poli-fenol seperti asam quinic, asam caffeic, serta asam chlorogenic yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Senyawa tersebut bisa berfungsi sebagai antioksidan alami yang bisa berfungsi untuk menghilangkan molekul oksidan berbahaya dari tubuh.

11. Mengurangi depresi

Kandungan Pyridoxine dan Niacin yang terdapat dalam biji bunga matahari bisa berfungsi untuk menurunkan kolesterol dalam darah, selain itu juga bisa membantu mengurangi kecemasan serta neurosis.

12. Untuk kesehatan kulit

Kandungan vitamin E yang terdapat dalam biji bunga matahari dipercaya bisa mencegah kerusakan sel kulit yang disebabkan oleh sinar ultravilolet. Sehingga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit anda.

13. Untuk kesehatan rambut

Dalam setiap 100% gram biji bunga matahari terkandung sekitar 5,25 mg zat besi ( 63% kebutuhan harian ) dan 5 mg seng ( 45% kebutuhan harian ), hal ini sangat penting untuk menjaga kesehatan serta kesuburan rambut.

Demikianlah informasi tentang Sejuta Manfaat Biji Bunga Matahari Untuk Kesehatan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.