Penyebab Gusi Berdarah dan Cara Mengatasinya

citra indah

Penyebab Gusi Berdarah dan Cara Mengatasinya - Menjaga serta merawat gigi merupakan rutinitas yang sangat penting yang harus dilakukan agar kesehatan gigi dan gusi selalu terjaga. Kesehatan gigi dan mulut selalu identik dengan dengan gusi, gusi merupakan tempat tumbuhnya gigi yang tidak luput dari dari gangguan seputar gusi. Banyak orang yang sering mengalami masalah gangguan pada gusi akibat makanan yang terselip diantara gigi atau gigi yang berlubang dan tersimpan pada gigi kemudian gigi ditusuk atau dicungkil menggunakan tusuk gigi yang tanpa disadari terkadang mengenai gusi dan semakin memperlebar kuman dan bakteri berkembang biang kemudian timbullah sakit gigi.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas artikel mengenai beberapa penyebab gusi berdarah dan cara mengatasinya. Agar pembahasannya tidak panjang dan lebar langsung saja anda simak beberapa keterangan dari kami, semoga apa yang kami sampaikan ini bisa menambah wawasan anda semua. Penyebab gusi berdarah dan cara mengatasinya.
Penyebab Gusi Berdarah dan Cara Mengatasinya
Penyebab Gusi Berdarah dan Cara Mengatasinya

Penyebab gusi berdarah

1. Kebersihan gigi dan mulut yang buruk

Plak dan kalkulus atau karang gigi akan sangat mudah terbentuk jika seseorang malas membersihkan dan menggosok gigi, itu dikarenakan terdapat sisa-sisa makanan pada sela-sela gigi. Hal ini juga dapat mengakibatkan iritasi dan peradangan pada gusi yang dapat membuat gusi berdarah dan bahkan menjadi bengkak. 

2. Gigi miring atau mal posisi

Berhati-hatilah bagi anda yang mempunyai gigi miring, karena posisi gigi yang miring akan membuat makanan mudah terjebak si sela-sela gigi dan akan sulit untuk dibersihkan. Biasanya hali ini sering terjadi pada gigi graham yang paling belakang, dan sebaiknya cepat diatasi karena dapat menyebabkan gusi menjadi meradang atau bahkan berdarah.

3. Luka atau memar pada gusi akibat trauma

Membersihkan dan menggosok gigi yang terlalu keras dan bersemangat akan dapat menimbulkan luka pada gusi, termasuk juga menggunakan sikat gigi yang berbulu keras. Sebaiknya perhatikan sikat gigi yang anda pakai, pilihlah sikat gigi dengan bulu yang lembut dan jangan lupa untuk menggantinya setiap 3 bulan sekali.

4. Kekurangan vitamin C

Makan makanan yang cukup akan vitamin itu sangatlah penting, jika seseorang kekurangan asupan vitamin C itu  dapat mengakibatkan gusi bengkak, sakit atau bahkan berdarah. Sebaiknya seringlah untuk mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran karena itu merupakan sumber vitmin C yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

5. Cara menggosok gigi yang salah

Cara kita menggosok gigi setiap hari juga ternyata mempengaruhi kesehatan gigi kita. Jika cara menggosok gigi kita salah, dan itu dilakukan secara terus menerus akan dapat menyebabkan terjadinya pengikisan dan penipisan pada gusi. Cara menggosok gigi yang benar adalah dengan cara menyikat dengan arah berputar, gunakan kekuatan yang sedang, pilih sikat gigi yang ujungnya tidak kasar dan jangan lupa untuk menggantinya setiap 3 bulan.

6. Sariawan

Sariawan yang terasa nyeri dan sakit akan terasa sangat mengganggu, dan hal ini dapat menyebabkan gusi berdarah apalagi jika sariawan tersebut terletak pada gusi. Menurut para ahli, sariawan sangat berkaitan dengan penyakit sistem imunitas tubuh disertai adanya infeksi virus pada jaringan mulut.

Baca juga : Penyebab dan cara alami mengobati sariawan 

7. Rokok

Selain mengganggu pada paru-paru dan saluran pernapasa, ternyata rokok juga merupakan salah satu penyebab gusi berdarah. Sistem imunitas gusi dapat melemah karena substansi yang terdapat dalam rokok, selain itu juga dapat merangsang gusi menjadi meradang yang mengakibatkan timbulnya rasa nyeri pada gusi atau bahkan berdarah.

8. Obat-obatan

Setiap obat-obatan mempunyai efek samping yang berbeda-beda, salah satunya adalah aspirin, obat ini dapat menyebabkan gusi anda mudah berdarah. Sebaiknya sebelum anda mengkonsumsi obat-obatan, tanyakan terlebih dahulu pada dokter mengeni efek samping dari obat yang akan anda konsumsi.

9. Penyakit hati

Hati merupakan organ utama yang banyak melakukan tugas untuk kepentingan tubuh. Diantaranya yaitu proses pembekuan darah. Penyakit hati bisa mengganggu metabolisme tubuh serta bisa menyebabkan gusi berdarah.

10. Kanker

Beberapa jenis kanker seperti leukemia ( kanker darah ) bisa menyebabkan gusi berdarah. Terlepas dari penyebab di atas masih banyak kemungkinan penyebab lainnya seeperti genetika, setres, terapi radiasi, HIV dan lain-lain yang semuanya bisa mengarah pada penyakit gusi yang akhirnya bisa menyebabkan pendarahan pada gusi.

Cara mengatasi gusi berdarah

1. Kontrol pendarahan gusi

Cara mengontrol pendarahan gusi dengan memberi tekanan langsung pada gusi dengan kain kasa yang telah direndam ke dalam air es.

2. Minyak cengkeh

Caranya yaitu encerkan minyak cengkeh dengan zaitun kemudian oleskan pada gusi yang berdarah. Minyak cengkeh memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang sangat baik.

Baca juga : Manfaat minyak cengkeh untuk kesehatan

3. Larutan air garam

Caranya sangat mudah sekali, yaitu cukup larutkan satu sendok makan garam ke dalam satu gelas air hangat. Gunakan larutan tersebut untuk berkumur beberapa menit dan lakukan beberapa kali dalam sehari.

4. Tawas

Campurkan 10 gram tawas bersih dengan 300 cc air, campurkan dengan sedikit peppermint oil kemudian gunakan sebagai obat kumur.

Baca juga : Manfaat dan efek samping tawas untuk kehidupan manusia

5. Batasi asupan gula

Kelebihan gula bisa menyebabkan kerusakan pada gigi serta bisa memperparah terjadinya pendarahan. Seperti yang kita ketahui, gula juga dapat merusak kekuatan gigi. Oleh sebab itu jauhilah gula atau makanan manis.

6. Lemon

Cara pengobatan sakit gusi berdarah dengan menggunakan lemon memang sudah umum dilakukan. Jika anda mengobati gusi berdarah dengan menggunakan lemon maka anda harus bisa memastikan buah lemon yang tepat.

7. Daun dan akar sereh

Ambil 15 gram daun dan akar sereh, tambahkan juga 20 gram kunyit kemudian rebus dengan 500 cc air yang telah dicampur dengan garam secukupnya, rebus hingga air tersisa sekitar 200 cc kemudian minum dalam keadaan hangat.

8. Daun jarak dan kapur sirih

Rebus 5 lembar daun jarak dan 1 buah kapur sirih kemudian gunakan airnya untuk berkumur.

9. Jus strawberry dan lemon

Kombinasi antara buah strawberry yang mengandung vitamin C dan lemon bisa mengobati infeksi. Blender 4 buah strawberry dengan satu sendok makan perasaan air lemon kemudian gunakan untuk menyikat gusi.

10. Lidah buaya

Tanaman ini sudah dikenal sejak dahulu bisa bermanfaat buat kesehatan serta menjaga kecantikan. Lidah buaya bisa mengurangi peradangan gusi yang menjadi penyebab utama gusi berdarah. Caranya yaitu dengan mengambil air lidah buaya kemudian oleskan pada gusi yang berdarah lalu kumur dengan air bersih.

11. Minyak kelapa

Banyak orang yang menggunakan minyak kelapa untuk mengatasi gusi yang berdarah. Anda cukup mengoleskan minyak kelapa pada gusi yang berdarah. Lakukan langkah ini minimal dua kali dalam sehari.

12. Daun sirih

Daun ini sudah tidak asing lagi oleh masyarakat kita, banyak sekali manfaat yang kita temukan dari daun sirih, diantaranya yaitu bisa mengatasi peradangan dan gusi berdarah. Caranya yaitu dengan merebus 4 lembar daun sirih dengan 2 gelas air sampai mendidih, kemudian air tersebut dibuat berkumur selagi hangat.

13. Bawang putih

Kandungan antiboitik dalam bawang putih bisa mencegah infeksi dan menghilangkan bakteri yang terjadi akibat gusi yang berdarah. Caranya yaitu haluskan bawang putih kemudian tempelkan pada gusi yang berdarah.


Demikianlah informasi tentang Penyebab Gusi Berdarah dan Cara Mengatasinya. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.