Cara Alami Melancarkan Buang Air Besar Tanpa Obat

Leni Fauziah

Cara Alami Melancarkan Buang Air Besar Tanpa Obat - Buang air besar atau yang juga sering disebut dengan istilah BAB merupakan aktivitas dimana tubuh membuang sisa makanan atau sisa dari sistem pencernaan yang sudah tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh. Proses buang air besar ini merupakan hal yang sangat penting sekali bagi tubuh. Dengan keluarnya sampah atau kotoran dari dalam tubuh, akan membuat tubuh menjadi sehat dan organ tubuh dapat berkerja secara maksimal. Bisa dibayangkan seandainya kita tidak bisa buang air besar, pasti kotoran dan sampah akan menumupuk didalam tubuh, dan hal ini tentu akan menyebabkan berbagai masalah pada tubuh kita.

Mengingat akan pentingnya proses buang air besar, tentu kita harus selalu menjaga kesehatan sistem pencernaan kita agar selalu sehat dan lancar. Namun berbicara tentang masalah buang air besar, idealnya berapa kali kita harus buang air besar?. Berbicara tentang buag air besar, memang frekuensi buang air besar kerap dijadikan sebagai patokan akan kesehatan tubuh seseorang. Nah, idealnya seseorang buang air besar 1-3 kali dalam sehari.

Berbicara tentang buang air besar, banyak orang yang mengalami masalah susah buang air besar atau juga sering disebut dengan istilah sembelit. Lalu bagaimana cara agar sistem pencernaan lancar dan kita bisa buang air besar dengan lancar. Berikut beberapa cara alami melancarkan buang air besar tanpa obat.

Cara Alami Melancarkan Buang Air Besar Tanpa Obat
Cara Alami Melancarkan Buang Air Besar Tanpa Obat

1. Minum banyak air

Salah satu penyebab buang air besar menjadi sulit dikarenakan tubuh kekurangan cairan. Kondisi yang kekurangan cairan ini akan berpengaruh pada kondisi tinja yang akan menjadi keras dan sulit untuk keluarkan. Hal ini pula yang kerap menyebabkan rasa sakit saat buang air besar. Nah, dengan minum banyak air, maka hal tersebut dapat teratasi dan buang air besar menjadi lancar.

2. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat

Cara berikutnya yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat. Serat yang terkandung dalam makanan akan menjaring dan merangkap resedu yang terdapat dalam usus dan akan membuat sistem pencernaan menjadi lebih lancar. Dalam hal ini kita disarankan mengkonsumsi buah dan sayuran seperti buah pepaya, mangga, jeruk, wortel, kubis, bayam, kacang-kacangan dan lain sebagainya.

3. Banyak bergerak

Cara berikutnya untuk melancarkan buang air besar yaitu dengan sering bergerak atau berolah raga. Seperti yang kita ketahui, banyak bergerak atau berolah raga sangat baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, dan untuk sistem pencernaan, banyak gerak juga akan membuat buang air besar menjadi lebih lancar. Banyak gerak akan membuat sistem metabolisme berjalan maksimal dan pembuangan limbah atau kotoran akan berjalan lancar. Untuk itu lebih baik lakukan aktivitas fisik minimal 2-3 kali dalam seminggu dengan durasi 30-40 menit. Jika tidak, luangkanlah waktu untuk berjalan kaki disekitar halaman rumah anda.

4. Hindari stres

Stres, depresi, atau beban pikiran berlebih memang tidak baik untuk kesehatan. Ya stres dapat menyebabkan berbagai penyakit atau gangguan kesehatan, dalam hal ini stres juga sangat berpengaruh pada sistem pencernaan. Stres memang tidak langsung berpengaruh pada sulitnya buang air besar, namun stres akan menganggu kerja organ tubuh yang hingga akhirnya akan berdampak pada sistem pencernaan. Untuk itu baiknya kita hindari stres dengan selalu berfikir positif.

5. Mengunyah makanan secara lembut dan halus

Agar buang air besar menjadi lebih lancar, tentu kita harus mengunyah makanan kita selembut dan sehalus mungkin. Dengan demikian, maka makanan akan lebih mudah dicerna dan sisa pencernaan akan lebih mudah dibuang melalui buang air besar. Dalam hal ini kita juga disarankan untuk tidak tergesa-gesa dalam makan, atau mengunyah makanan.

6. Hindari kafein dan soda

Selain disarankan untuk memperbanyak mengkonsumsi makanan berserat seperti dan sayuran, kita juga disarankan untuk menghindari makanan atau minuman yang menyebabkan sulit buang air besar seperti kafein atau minunan bersoda. Ya kafein atau minuman bersoda kurang baik untuk sistem pencernaan. Kafein dan minuman bersoda membuat tubuh dehidrasi, dan hal ini akan berdampak pada sulit buang air besar. Untuk itu, bagi anda yang susah buang air besar, baiknya hindari kafein atau minuman bersoda terlebih dulu hingga semuanya normal kembali.

7. Hindari tidur setelah makan

Agar buang air besar menjadi lancar, kita juga disarankan untuk tidak langsung tidur setelah makan. Hal ini dikarenakan tidur setelah makan akan membuat sistem pencernaan menjadi kacau, sehingga makanan tidak bisa diproses secara semestinya. Untuk itu lebih baik kita hindari tidur setelah makan, dan lakukan aktivitas ringan setelah makan sebelum tidur.

Demikianlah informasi tentang Cara Alami Melancarkan Buang Air Besar Tanpa Obat. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.