Daftar Makanan Penyebab Perut Kembung Dan Cara Mengatasinya

Leni Fauziah

Daftar Makanan Penyebab Perut Kembung Dan Cara Mengatasinya - Perut kembung dimana keadaan perut kita terisi banyak gas yang melebihi batas normal sehingga perut penuh dan kenyang. Keadaan perut kembung ini tentunya sangat mengganggu sekali, selain itu perut kembung juga kerap disertai dengan kentut dan bersendawa.

Berbicara tentang perut kembung, perut kembung sendiri sebenarnya masalah umum yang pasti pernah dialami semua orang, bahkan orang bisa mengalami perut kembung lebih dari 5 kali dalam sebulan. Perut kembung juga dapat dengan mudah kita atasi. Namun dalam kondisi tertentu perut kembung dapat berakibat fatal dan harus dibawa ke dokter. Untuk itu, kita juga tidak boleh menyepelekan masalah perut kembung.

Perut kembung dikarenakan adanya gas yang berlebih didalam perut kita. Hal ini dikarenakan banyak hal seperti tiduran diatas lantai tanpa alas, berkendara tanpa menggunakan jaket, menggunakan kipas angin secara berlebihan dan lain sebagainya. Namun selain itu masalah perut kembung juga bisa disebabkan karena menu makanan atau minuman yang kita konsumsi. Hal ini dikarenakan ada  beberapa makanan yang dapat menyebabkan perut menjadi kembung dan tidak nyaman. Lalu apasajakah makanan penyebab perut kembung. Berikut Daftar Makanan Penyebab Perut Kembung Dan Cara Mengatasinya.
Daftar Makanan Penyebab Perut Kembung Dan Cara Mengatasinya
Daftar Makanan Penyebab Perut Kembung Dan Cara Mengatasinya

1. Makanan berlemak

Makanan pertama yang dapat menyebabkan perut kembung adalah makanan berlemak. Makanan berlemak memang terasa lezat dan banyak disukai orang, namun makanan berlemak kurang baik untuk kesehatan. Seperti yang kita ketahui, makanan lemak dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, salah satunya yaitu menyebabkan perut kembung. Hal ini dikarenakan makanan berlemak akan memperlambat kinerja perut karena sulit dicerna. Hal inilah yang menyebabkan perut menjadi kembung, tidak hanya itu saja. Makanan berlemak yang tidak diimbangi dengan makanan berserat juga dapat menyebabkan perut menjadi buncit dan melar.

2. Junk food

Makanan berikutnya yaitu makanan junk food. Sudah bukan rahasia lagi jika junk food adalah makanan sumber dari berbagai masalah kesehatan. Namun meskipun demikian, banyak orang menyukai funk food, Rasanya yang nikmat membuat junk food disukai. Namun tahukah anda jika junk food merupakan makanan yang hampir tidak memiliki nilai gizi, namun tinggi akan kandungan garam dan lemak, hal inilah yang membuat junk food tidak baik untuk kesehatan. Banyak masalah kesehatan yang ditimbulkan oleh junk food salah satunya yaitu masalah perut kembung, junk food juga dapat menyebabkan obesitas, tekanan darah tinggi hingga serangan jantung atau stroke. Untuk itu, baiknya kita hindari atau kurangi dalam mengkonsumsi junk food.

3. Produk susu

Susu atau produk olahan susu seperti keju, yougurt, kriem mentega dan lain sebagainya memang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh kita, terlebih dengan kandungan nutrisi didalamnya. Namun sebagian besar orang memiliki intoleransi terhadap laktosa, yaitu gula yang terdapat pada susu. Bagi orang yang memiliki intoleran terhadap laktosa akan mengalami gangguan pencernaan seperti perut mulas, kembung dan juga masuk angin. Untuk itu bagi anda yang memiliki masalah tersebut, baiknya anda hindari produk olahan susu.

4. Minuman bersoda

Sudah bukan rahasia lagi jika minuman bersoda merupakan minuman berkarbonasi yang mengandung banyak gas. Hal inilah yang menyebabkan minuman bersoda menjadi salah satu penyebab utama perut kembung. Gas dari minuman bersoda akan terjebak dalam sistem pencernaan yang menyebabkan perut menjadi kembung. Alternatif terbaik yaitu dengan minum air putih hangat.

5. Bir atau alkohol

Sama halnya dengan minuman bersoda, bir dan alkohol juga minuman yang banyak mengandung gas. Tidak heran jika orang yang terbiasa minum bir atau alkohol sering bersendawa, hal ini dikarenakan banyaknya gas yang ada didalam sistem pencernaan mereka. Tidak hanya menyebabkan perut kembung saja, bir juga alkhol juga menyebabkan muntah-muntah, dan dalam jangka panjang dapat menyebabkan diabetes, tekanan darah tinggi, serangan jantung, stroke, hingga kematian mendadak.

6. Makanan manis atau pemanis buatan

Makanan manis tentu merupakan makanan yang tidak baik untuk kesehatan, terlebih jika terbuat dari pemanis buatan. Hal ini dikarenakan makanan manis dapat menyebabkan perut kembung, tidak hanya itu saja, makanan manis dalam jangka panjang juga dapat menyebabkan diabetes dan gangguan kesehatan lainnya, Untuk itu baiknya kita hindari makanan manis mulai dari sekarang.

7. Sayuran tertentu

Siapapun tidak meragukan akan manfaat sayuran untuk kesehatan tubuh kita. Ya sayuran merupakan sumber makanan yang mengandung nutrisi, dan vitamin lengkap yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Namun ada juga beberapa jenis sayuran yang dapat menyebabkan perut menjadi kembung. Sayuran tersebut diantaranya adalah kubis, kol, brokoli, kale dan lain sebagainya. Sayuran tersebut jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan perut kembung. Hal ini dikarenakan kandungan rafinosa yang tinggi dan sulit dipecah sehingga menyebabkan timbunan gas dalam sistem pencernaan.

8. Kacang-kacangan

Selain sayuran, makanan sehat lainnya yang dapat menyebabkan perut kembung adalah kacang-kacangan. Kacang-kacangan tinggi akan kandungan serat, sehingga jika dikonsumsi dalam jumlah besar akan menyebabkan munculnya gas didalam sistem pencernaan.

9. Bawang

Bawang juga merupakan salah satu bahan makanan atau bumbu masak yang dapat menyebabkan perut kembung. Hal ini dikarenakan kandungan fruktan dan karbohidrat yang menyebabkan masalah pada perut dan sistem pencernaan. Nah, bagi anda yang sering mengalami perut kembung, baiknya anda hindari terlalu banyak mengkonsumsi bawang.

Cara mengatasi perut kembung

Seperti yang telah dijelaskan diatas, masalah perut kembung bisa kita atasi dengan mudah. Ada banyak sekali cara untuk mengatasi perut kembung, kita dapat mengatasi perut kembung dengan cara mengoleskan minyak kayu putih, minum air hangat, sub hangat, wedang jahe dan masih banyak lagi cara yang lainnya. Namun jika masalah perut kembung tak kunjung sembuh, baiknya anda pergi ke dokter terdekat.


Demikianlah informasi tentang Daftar Makanan Penyebab Perut Kembung Dan Cara Mengatasinya. Bagi anda yang sering mengalami perut kembung, baiknya anda hindari daftar makanan diatas. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.