Daftar Penyebab Sakit Kepala yang Wajib Kita Ketahui

Daftar penyebab sakit kepala yang wajib kita ketahui - Sakit kepala adalah salah satu gangguan kesehatan yang memang sangat mengganggu. Akibat sakit kepala, aktivitas pun menjadi terkendala dan tidak terselesaikan secara maksimal. Tapi memang inilah risiko yang akan dialami jika datang sakit kepala.

Sakit kepala bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Bisa karena tidak kuat menahan beban pikiran, karena cuaca, atau bahkan karena penyakit tertentu. Namun sakit kepala yang disebabkan oleh berbagai hal tersebut bisa diatasi dengan mudah bila ada kemauan dari diri masing-masing, termasuk juga yang disebabkan oleh penyakit tertentu seperti penyakit yang terdapat pada otak.

Selain itu, apa saja sih yang menjadi penyebab timbulnya sakit kepala? Baik itu sakit kepala migrain maupun sakit kepala biasa. Agar anda lebih mudah mengetahui penyebab dari sakit kepala yang anda alami, berikut ini daftar penyebab sakit kepala yang perlu anda ketahui:

Daftar Penyebab Sakit Kepala yang Wajib Kita Ketahui
Daftar Penyebab Sakit Kepala yang Wajib Kita Ketahui

1. Stres berlebihan

Banyak orang yang bilang kalau stres itu menyebabkan sakit kepala. Padahal dalam dunia medis menjelaskan sakit kepala terjadi setelah stres itu hilang. Hal ini dikarenakan saat stres hilang, tubuh sebenarnya telah memproduksi hormon pelawan stres tersebut. Namun karena stres sudah sembuh, maka hormon tersebut tidak berguna dan menyebabkan pelebaran pembuluh darah pada otak, inilah yang menyebakan terjadinya sakit kepala.

2. Kurang minum

Minum adalah salah satu kebutuhan sehari-hari yang harus dipenuhi. Tanpa minum, seseorang akan mengalami dehidrasi. Dehidrasi inilah yang nantinya akan membuat otak kita menjadi bermasalah dan menyebabkan sakit kepala. Oleh sebab itu minumlah air putih atau air mineral setidaknya 8 gelas dalam sehari. Dengan demikian tubuh anda akan terhidrasi dengan baik, dan kesegaran otak akan tetap terjaga.

3. Kurang tidur

Pola tidur yang tidak teratur bisa menyebabkan datangnya sakit kepala yang berdenyut-denyut. Tidur yang terlalu malam dan dengan waktu yang singkat, ini dapat mempengaruhi kerja otak anda yang menyebankan sakit kepala. Bukan hanya itu, tidur terlalu berlebihan juga dapat menyebabkan sakit kepala. Aturlah waktu tidur anda dengan baik, tidak terlalu singkat dan tidak terlalu berlebihan.

4. Cuaca yang tidak menentu

Di akhir-akhir ini memang cuaca sering tidak menentu dan sulit untuk diprediksi. Cuaca yang semacam inilah yang bisa berpotensi menyebabkan sakit kepala. Memang tidak ada cuaca yang menyebabkan sakit kepala, namun perubahan cuaca yang terlalu cepat yang bisa membuat kepala menjadi sakit. Bukan hanya cuaca luar ruangan, tapi juga cuaca yang ada didalam ruangan, yaitu ketika berada di ruangan AC yang dingin lalu keluar ruangan menjadi panas.

5. Postur malas

Postur malas adalah kondisi dimana seseorang menekuk beberapa bagian tubuhnya. Postur inilah yang menyebabkan proses aliran darah dari tubuh menuju ke otak. Akibatnya, sakit kepala pun terasa sakit. Selain itu, anda juga harus menghindari posisi tubuh yang selalu sama setiap waktu. Lebih banyaklah bergerak dan jangan bermalas-malasan.

6. Terlalu banyak berolahraga

Memang olahraga itu penting dan dapat menyehatkan tubuh, namun bukan berarti anda harus olahraga setiap waktu. Olahraga yang berlebihan tersebut akan dapat menyebabkan sirkulasi pada bagian otak dan leher meningkat, sehingga menyebabkan sakit kepala. Para ahli menyarankan agar melakukan olahraga maksimal 4 kali dalam seminggu, yaitu masing-masing kurang lebih 30 menit.

7. Terlambat makan

Terlambat makan biasanya sering dilakukan oleh mereka yang selalu sibuk dengan aktivitasnya. Ini bukan hanya bahaya bagi kesehatan anda. Secara khusus, terlambat makan termasuk sarapan, juga dapat menyebabkan sakit kepala. Bukan hanya telat makan, tapi juga konsumsi makanan berlebihan. Makan berlebihan juga dapat menyebabkan sakit kepala. Konsumsilah dalam jumlah cukup.

8. Program diet yang tidak sesuai

Anda ingin diet, namun anda tidak tahu diet yang sehat dan benar itu seperti apa, sehingga anda melakukan diet tanpa arahan yang benar. Dalam diet, pastikan anda mengkonsumsi makanan yang cukup gizi dan nutrisi untuk tubuh. Sebab, sebagian orang yang diet mengalami sakit kepala yang mencengkram akibat kurangnya konsumsi makanan bernutrisi. Makanan yang memicu sakit kepala seperti buah-buahan masam, kacang-kacangan, makanan ber-MSG tinggi, daging awetan, makanan instan, dan lain sebagainya.

9. Mengkonsumsi makanan dingin

Memang mengkonsumsi makanan eskrim dan minuman dingin lainnya terasa menyegarkan. Tapi anda harus tahu kalau makanan atau minuman dingin dapat memicu sakit kepala. Sebab, makanan atau minuman dingin ini dapat menyebabkan penegangan pada bagian saraf otak dan leher. Meski sakit kepala hanya muncul 30-60 menit saja, namun jika dilakukan terus menerus dapat menyebabkan sakit kepala yang lebih lama.

10. Konsumsi makanan berkafein

Berbagai macam makanan dan minuman yang berkafein memang dapat menyebabkan sakit kepala. Baik itu sakit kepala migrain, sakit kepala bagian belakang, sakit kepala biasa, atau sakit kepala berkepanjangan. Hal ini karena kafein dapat membuat sistem saraf menjadi lebih tegang. Oleh sebab itu, kurangilah konsumsi makanan atau minuman kafein.

11. Makanan bernitrat dan mengandung pewarna

Makanan yang memiliki kandungan nitrat tinggi juga dapat menyebabkan sakit kepala. Sebab, nitrat dapat membuat aliran darah meningkat, akibatnya sakit kepala mudah muncul. Selain nitrat, makanan yang mengandung pewarna seperti es dipinggir jalan dan minuman atau makanan lainnya, itu juga dapat berpotensi menyebabkan sakit kepala.

12. Konsumsi minuman beralkohol tinggi

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan bahwa alkohol dapat menyebabkan sakit kepala. Alkohol jenis apapun jika dikonsumsi dapat menyebabkan sakit kepala. Dan yang paling parah adalah alkohol jenis anggur merak. Bukan hanya sekear sakit kepala, bahkan justru bisa menyebabkan hilangnya akal sehat yang menyebabkan seseorang menjadi gila.

Demikianlah informasi tentang Daftar Penyebab Sakit Kepala yang Wajib Kita Ketahui. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.