11 Penyebab Menstruasi tidak Teratur

rina

Penyebab menstruasi tidak teratur - Siklus menstruasi yang tidak teratur memang sampai saat ini masih menjadi permasalahan yang banyak diperbincangkan di kalangan wanita. Minimnya pengetahuan yang didapat membuat banyak wanita masih merasa bingung apa yang menjadi penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya.

Sebenarnya menstruasi dkatakan tidak teratur atau tidak lancar jika siklus yang terjadi kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari. Dan juga selain itu menstruasi dikatakan tidak lancar karena setiap bulannya berubah-ubah. Volume darah yang tidak sama, kadang banyak kadang sedikit, juga menjadi dasar menstruasi tidak lancar.

Bagi wanita yang baru mengalami menstruasi tidak lancar di beberapa tahun pertama mulai menstruasi, maka itu bukan masalah yang besar. Sebab, hormon dalam tubuh belum bisa seimbang. Akan tetap jika ketidaklancaran menstruasi terjadi tidak di tahun-tahun awal menstruasi, maka bisa saja tergolong dalam tipe menstruasi tidak teratur atau tidak lancar, seperti metrorrhagia, oligomenorrhea, menometrorrhagia, dan amenorrhea. Lalu apa yang menjadi penyebab ketidaklanaran tersebut? Berikut ini beberapa penyebab menstruasi yang tidak lancar atau tidak teratur:

11 Penyebab Menstruasi tidak Teratur
Penyebab Menstruasi tidak Teratur

1. Kehamilan

Jika anda merasa siklus menstruasi anda mengalami ketidaklancaran, keterlambatan, atau ketidakteraturan, maka cobalah untuk melakukan pemeriksaan untuk memastikan apakah anda hamil. Dokter biasanya akan merekomendasikan tes kehamilan dan USG.

2. Pola hidup sehari-hari

Jika anda mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur, coba lihatlah. Apakah anda melakukan olahraga yang berlebihan dan berat badan turun drastis? Hal itu dapat menyebabkan menstruasi anda tidak teratur. Begitu pula dengan berat badan yang berlebihan atau obesitas. Selain itu, banyaknya tekanan pikiran atau stres juh menjadi salah satu penyebab menstruasi tidak teratur.

3. Stres emosional

Stres emosional yang tidak terkontrol atau terlalu berlarut-larut juga bisa menjadi penyebab menstruasi yang tidak teratur. Jika anda tidak ingin stres emosional dan tidak ingin siklus menstruasi anda terganggu, maka kurangilah pemikiran tentang deadline tugas kantor, persiapan ujian akhir, kehilangan pekerjaan, kehilangan orang terdekat, dan sebagainya. Mengurangi pemikiran tersebut akan membuat hidup anda menjadi lebih lega dan tidak terlalu tertekan serta tidak stres.

4. Obesitas

Seperti yang telah disinggung penjelasannya diatas, bahwa obesitas atau kelebihan berat badan juga bisa menyebabkan menstruasi tidak teratur. Bahkan kenaikan berat badan secara signifikan adalah salah satu tanda gangguan tiroid pada wanita. Hal ini juga menjadi tanda penyakit hormonal yang memerlukan pengobatan.

5. Berat badan turun drastis

Bukan hanya obesitas, berat badan yang menurun drastis juga dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur. Berat badan turun drastis bisa disebabkan karena gangguan pola makan serius. Seperti pada anorexia dan bulimia yang menyebabkan menstruasi datang tidak teratur. Selain itu gangguan ini juga dipengaruhi oleh kebutuhan lemak yang berkurang saat pembentukan hormon haid, sehingga mengganggu kelancaran haid.

6. Aktivitas berlebihan

Menjadi orang yang aktif memang sangat baik. Namun jika melakukan aktivitas yang berlebihan tidaklah baik untuk kesehatan. Selain menimbulkan rasa capek juga akan berpengaruh pada kelenjar hipotalamus yang nantinya bisa mempengaruhi hormon menstruasi. Hal ini juga dapat mempengruhi pelepasan LS dan FSH, yaitu hormon hipofisis yang mempengaruhi ovulasi. Hal ini akan berpengaruh pada haid yang tidak lancar.

7. Tiroid

Di bagian leher anda terdapat kelenjar tiroid yang memproduksi hormon yang dapat mengatur metabolisme tubuh. Jika kelenjar tiroid ini mengalami gangguan, bisa juga akan mempengaruhi menstruasi anda. Jika anda mengalami hal ini, maka konsultasikan pada dokter untuk dites darah bagaimana level hormon tiroid dalam darah anda.

8. Ketidakseimbangan hormon

Hormon yang seimbang adalah hormon yang bisa bekerjasama baik dengan otak, indang telur, kelenjar diotak, dan kelenjar tiroid. Jika hormon tidak seimbang, maka bisa menyebabkan gangguan pada siklus mentruasi. Beberapa hal yang menyebabkan ketidakseimbangan hormon yaitu karena kelelahan, stres, kurang istirahat, banyak beban pikiran, dan lain sebagainya.

9. Pil kontrasepsi

Beberapa jenis pil kontrasepsi yang memiliki dosis rendah juga dapat menyebabkan menstruasi menjadi bermasalah. Selain itu, ada juga beberapa jenis alat kontrasepsi lainnya yang dapat menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur, seperti IUD atau suntuk KB. Penggunaan alat ini harus dengan pengawasan dokter untuk mendapatkan keamanan dan pengarahan yang tepat.

10. Jamur atau penyakit

Beberapa jenis penyakit juga dapat menyebabkan terganggunya siklus menstruasi. Diantaranya adalah kondisi kelainan atau gangguan rahim, kista, maupun diabetes. Jika dibiarkan dan tidak segera diatasi maka akan dapat memperburuk keadaan. Segeralah untuk konsultasi dokter untuk dicek apakah ada penyebab lain yang memicu ketidaklancaran menstruasi anda. Sebab, hal itu biasanya dipicu oleh penyakit tertentu.

11. Akibat perimenopause

Pada beberapa wanita, biasanya sebelum masa manopause akan mengalami ketidakseimbangan pada hormon di dalam tubuh. Dimana ketidakseimbangan progesteron menyebabkan menstruasi berlangsung secara tidak teratur. Bisa lebih panjang ataupun lebih pendek dari biasanya. Konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan penanganan dan arahan lebih lanjut. 

Demikianlah informasi tentang 11 Penyebab Menstruasi tidak Teratur. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.