10 Dampak Buruk Sering Gonta-Ganti Warna Rambut

Leni Fauziah

Dampak Buruk Sering Gonta-Ganti Warna Rambut - Memberi warna pada rambut atau semir rambut sudah menjadi trens dikalangan remaja. Bahkan tidak hanya remaja saja, bahkan banyak anak-anak hingga orang dewasa yang mengecat rambut mereka, entah ada yang beralasana agar bisa tampil beda, gaul atau hanya mengikuti tresn, ada juga yang ingin tampil seperti artis idola mereka.

Berbicara tentang cat rambut atau pewarna rambut, mengecat rambut memang dapat merubah penampilan seseorang secara derastis, namun sering kali orang merasa bosan dengan warna rambut mereka sehingga mereka ingin mengganti warna rambut mereka dengan warna lain atau ingin mengembalikan warna seperti semula. Nah, yang jadi pertanyaaan, apa efeknya kita kita sering menggunakan cat rambut, terlebih jika sering mengonta-ganti cat rambut, padahal cat rambut mengandung bahan kimia.

Oke sahabat, dalam kesempatan kali ini, kita akan membahas dampak buruk menggunakan cat atau pewarna rambut. Menggunakan cat atau pewarna rambut tentu tidak baik untuk kesehatan rambut, terlebih jika digunakan secara terus menerus dan sering menggonta-ganti warna rambut. Nah, berikut beberapa dampak buruk sering menggunakan cat rambut.

10 Dampak Buruk Sering Gonta-Ganti Warna Rambut
Dampak Buruk Sering Gonta-Ganti Warna Rambut

1. Merusak rambut

Dampak buruk yang pertama dari sering menggunakan cat rambut atau gonta-ganti warna rambut yaitu tentunya akan merusak rambut. Hal ini dikarenakan kandungan kimia pada cat atau pewarna rambut dapat membuat rambut menjadi kering dan rapuh, akibatnya rambut menjadi mudah patah, rontok, bercabang dan kering kusam. Untuk itu baiknya anda hindari penggunaan cat rambut.

2. Menyebabkan munculnya uban diusia dini

Kenapa sering muncul uban diusia muda atau remaja, mungkin bisa jadi orang tersebut terlalu sering menggunakan cat atau pewarna rambut. Hal ini dikarenakan cat atau pewarna rambut akan menghilangkan pigmentasi atau warna asli pada rambut sehingga rambut akan menjadi putih dan mati.

3. Alergi dan gatal-gatal

Dampak buruk berikutnya dari menggunakan cat rambut atau pewarna rambut adalah menyebabkan alergi pada kulit kepala, sehingga kulit kepala akan terasa gatal. Hal ini juga akan memicu munculnya ketombe dan kotoran pada rambut.

4. Menyebabkan gangguan hormon

Cat rambut mengandung alkylphenol etoksilat yaitu zat yang juga ditemukan pada pestisida. Jika zat tersebut masuk ke dalam tubuh manusia dapat menyebabkan gangguan pada hormon. Kemungkinan zat tersebut masuk melewati pori-pori kulit kepala sangat besar saat kita menggunakan cat atau pewarna rambut.

5. Pigmentasi pada kulit kepala

Menggunakan cat atau pewarna rambut secara terus-menerus juga dapat menyebabkan kulit kepala menjadi gelap. Hal ini dikarenakan terjadinya pigmentasi pada kulit kepala. Bahan pewarna rambut yang menjadi penyebab kulit kepala menjadi gelap. baiknya anda hindari cat rambut berkualitas rendah.

Baca juga : Cara alami dan cepat menghilangkan cat rambut

6. Jerawat pada kulit kepala

Selain menimbulkan rasa gatal dan ketombe pada kulit kepala, cat rambut atau pewaran rambut juga dapat menyebabkan munculnya jerawat pada kulit kepala. Hal ini dikarenakan kandungan kandungan resorcinol pada pewarna rambut yang mempengaruhi sistem endokrin. Hal ini juga yang menyebabkan ketidak seimbangan hormon.

7. Iritasi pada mata dan mata merah

Pewarna rambut atau cat rambut juga beresiko menyebabkan iritasi pada mata dan menyebabkan mata merah. Hal ini terjadi ketika secara tidak sengaja cat rambut mengenai mata. Mata akan terasa perih dan iritasi sehingga memerah.

8. Penyakit limfoma non-hodgkin

Cat rambut juga dapat menyebabkan penyakit limfoma non-hodgkin yaitu penyakit yang menyerang sistem limfatik atau salah satu sistem kekebalan tubuh. Hal ini juga dapat menyebabkan penyakit kanker berbahaya.

9. Kanker kandung kemih dan kanker lainnya

Seperti yang telah dijelaskan dipoin sebelumnya dimana dampak terburuk dari cat rambut adalah menyerang sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit kanker seperti kanker kandung kemih, dan berbagai kanker lainnya.

10. Kelainan pada janin

Cat rambut juga berpengaruh pada kesehatan janin. Zat kimia yang dioleskan pada kulit, termasuk kulit kepala akan diserap masuk ke dalam peredaran darah yang dapat membahayakan dan dapat menyebabkan kelainan pada janin.

Demikianlah informasi tentang  Dampak Buruk Sering Gonta-Ganti Warna Rambut. Cat rambut memang membuat penampilan kita terlihat anggun dan mengesankan, namun cat rambut juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan dan kecantikan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.