Bahaya Perut Buncit Bagi kesehatan Dan Cara Mengatasinya

Leni Fauziah

Bahaya Perut Buncit Bagi kesehatan Dan Cara Mengatasinya - Perut buncot yaitu merupakan keadaan dimana terdapat penumpukan lemak didalam perut. Lemak didalam perut tersebut ada 2 macam yaitu lemak sukbutan dan lemak viseral, lemak sukbutan yaitu yang terdapat dibawah kulit, sedangkan lemak viseral yaitu lemak yang berada didalam atau disekitar organ tubuh. Lemak viseral inilah yang membuat seseorang menjadi gemuk atau obesitas.

Berbicara tentang masalah perut buncit. perut buncit sering dianggap sebagai anugrah atau tanda ke makmuran. Namun, perlu anda ketahui, jika bahwa perut buncit merupakan sumber dari segala masalah kesehatan. Perut buncit mengancam kesehatan, untuk itu masalah perut buncit harus segera diatasi. Namun sebelumnya kita cari tahu dulu penyebab perut buncit.
Bahaya Perut Buncit Bagi kesehatan Dan Cara Mengatasinya
Bahaya Perut Buncit Bagi kesehatan Dan Cara Mengatasinya

Penyebab perut buncit

  • Pola makan yang buruk
  • Sering mengkonsumsi makanan berlemak
  • Sering mengkonsumsi junk food, makanan cepat saji dan makana tak sehat lainnya
  • Sering mengkonsumsi alkohol dan minuman bersoda
  • Pengaruh obat
  • Jarang berolah raga atau malas bergerak
  • Dan masih banyak lagi penyebab lainnya

Bayaha perut buncit bagi kesehatan

Banyak orang yang beranggapan perut buncit tanda orang sukses, hal tersebut tentu tidak benar. Perut buncit justru sangar berbahaya bagi kesehatan, bahkan dapat mengamcam nyawa si penderita perut buncit. Tumpukan lemak pada perut inilah yang akan mengganggu organ dalam bekerja, akibatnya menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Nah berikut bahaya perut buncit yang wajib anda ketahui.

1. Dampak sosial dan psikologis

Dampak buruk pertama dari perut buncit adalah dampak sosial dan psikologis. Maksutnya disini adalah penampilan fisik, terutama bagi wanita. Ya dengan keadaan perut buncit akan menjadikan orang menjadi tidak percaya diri, dan tak jarang juga kerap menjadi bahan bully bagi teman-temanya, hal ini tentu akan berdampak buruk bagi psikologis si penderita perut buncis.

2. Kesulitan bernafas atau sesak nafas

Orang gemuk atau orang yang memiliki perut buncit akan mengalami kesulitan bernafas, terutama saat tidur. Hal ini dikarenakan timbunan lemak pada perut akan menganggu kerja organ dalam termasuk organ pernafasan seperti paru-paru.

Baca juga : Penyebab sesak nafas dan cara mengatasinya

3. Kolesterol

Perut buncit juga akan meningkatkan kolesterol. Ya, obesitas atau kegemukan akan meningkatkan lemka jahat atau LDL serta menurunkan lemak baik. Hal ini akan meningkatkan resiko kolesterol juga penyakit lainnya.

Baca juga : Cara alami menurunkan kolesterol yang tinggi

4. Resiko penyakit jantung

Obesitas atau perut buncit juga akan meningkatkan resiko penyakit jantung. Timbunan lemak pada perut akan mengganggu kerja jantung, selain itu timbunan lemak juga akan menyebabkan penyumbatan pada aliran darah, sehingga akan mengakibatkan tekanan darah tingg serta memaksa jantung bekerja lebih keras. Akibatnya orang akan mudah mengalami serangan jantung.

5. Diabetes

Perut buncit atau obesitas juga akan meningkatkan kadar gula sehingga meningkatkan resiko diabetes. Hal ini dikarenakan lemak dalam perut akan mengganggu sistem metabolisme dan menyebabkan diabetes, Hal ini akan semakin berbahaya jika berat badan semakin bertambah.

Baca juga : Penyebab diabetes diusia muda dan cara mencegahnya

6. Stroke

Seperti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya dimana tumpukan lemak akan menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan tekanan darah tinggi. Tidak hanya itu saja, tumpukan lemak juga akan mempersempit pembuluh darah yang akhirnya akan mengakibatkan pembekuan darah, dan jika hal ini terjadi akan membuat orang mengalami stroke.

7. Kematian

Dampak paling buruk dari perut buncit adalah kematian. Hal ini dikarenakan perut buncit atau banyaknya timbunan lemak akan menanggu kerja organ dalam tubuh, dan bisa juga hingga menghentikan jalan kerja organ tubuh, Jika hal ini terjadi akan menyebabkan kematian mendadak.

Baca juga : Cara alami dan cepat menurunkan berat badan

Cara mengatasi perut buncit

Setelah tahu akan bahaya perut buncit, kita harus segera mengatasi masalah perut buncit sebelum masalah besar terjadi pada tubuh kita. Lalu bagaimana cara mengatasi masalah perut buncit. Berikut beberapa cara ampuh mengatasi perut buncit.
  • Diet
  • Atur pola makan
  • Olah raga
  • Hindari makanan tak sehat seperti junk food, makanan cepat saji dan makanan berlemak
  • Hindari kebiasaan mengemil
  • Terapkan gaya hidup sehat

Demikianlah informasi tentang  Bahaya Perut Buncit Bagi kesehatan Dan Cara Mengatasinya. Perut buncit bukanlah anugrah, melainkan ancaman kesehatan yang harus diwaspadai. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.