Penyebab,Gejala Dan Cara Mengobati Bisul

Leni Fauziah

Penyebab,Gejala Dan Cara Mengobati Bisul - Bisul adalah penyakit kulit berupa benjolan merah yang terasa sakit dan berisi nanah. Bisul muncul dikarenakan infeksi bakteri yang kemudian memicu inflamasi pada folikel rambut, yaitu lubang tempat rambut tumbuh. Bisul sendiri biasanya muncul di kulit yang sering mengalami lipatan, seperti ketiak, dan pangkal paha. Namun bisul juga bisa muncul dikulit bagian lainnya seperti leher hingga kulit wajah.
Penyebab,Gejala Dan Cara Mengobati Bisul
Penyebab,Gejala Dan Cara Mengobati Bisul

Penyebab bisul

Penyebab utama bisul yaitu dikarenakan bakteri Staphylococcus aureus. Bakteri tersebut biasa ditemukan pada kulit juga hidung manusia. Bakteri tersebut akan menyebabkan infeksi jika bakteri tersebut masuk ke dalam folikel melalui luka gores atau gigitan serangga. Hal tersebut juga terjadi karena beberapa faktor. Diantaranya sebagai berikut
  • Kurang menjaga kebersihan tubuh
  • Pola makan yang tidak sehat
  • Sering mengkonsumsi makanan yang tidak sehat
  • Lemahnya sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit

Gejala bisul

  • Muncul benjolan pada kulit
  • Terdapat titik putih dipuncak benjolan tersebut
  • Benjolan akan bertambah besar dan berisi nanah
  • Kulit disekitar benjolan bengkak dan terasa hangat saat disentuh

Cara mengobati bisul secara alami

Untuk mengobati bisul, kita bisa pergi ke dokter atau membeli obat di apotek terdekat. Namun kita juga bisa mengobatinya dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada disekitar kita. Selagi bisul tersebut belum parah, kita masih bisa mengatasinya. Berikut cara alami mengobati bisul.

1. Bawang putih

Bahan alami pertama yang bisa kita gunakan untuk mengobati bisul yaitu dengan menggunakan bawang putih. Bawang putih memiliki sifat anti bakteri dan anti inflamasi yang baik untuk mengatasi penyakit kulit seperti bisul. Cara menggunakannya mudah sekali. Haluskan bawang putih, tempelkan pada bisul dan tutup dengan perban, diamkan selama semalam. Cara ini akan terasa perih, namun cukup ampuh untuk mengobati bisul.

Baca juga : Manfaat dan efek samping bawang putih untuk kesehatan

2. Bawang merah

Selain bawang putih, kita juga dapat menggunakan bawang merah untuk mengobati bisul. Sama halnya dengan bawang putih, bawang merah juga efektif untuk mengobati penyakit kulit seperti bisul. Cara menggunakannya hampir sama, yaitu haluskan bawang merah dengan cara diparut, oleskan pada bisul, diamkan selama 1,5 jam, dan bersihkan dengan air.

Baca juga : Manfaat luar biasa bawang merah untuk kesehatan dan kecantikan

3. Asam jawa

Dalam mengobati bisul, kita juga dapat menggunakan asam jawa. Asam jawa ini lebih efektif dibandingkan dengan obat oles atau saleb. Cara menggunakannya juga sangat mudah. Campurkan asam jawa, minyak kelapa, dan garam secukupnya, kemudian oleskan atau tempelkan pada bisul. Tunggu selama 30 menit hingga ramuan ini meresap, kemudian bersihkan dengan menggunakan air hangat.

Baca juga : Manfaat luar biasa asam jawa untuk kesehatan

4. Daun sirih

Daun sirih merupakan daun dengan sejuta manfaat, terutama bagi kaum wanita. Dalam mengobati bisul, kita juga dapat menggunakan daun sirih. Caranya yaitu, ambil 3-5 lembar daun sirih, cuci dengan air hingga bersih. Tumbuk daun sirih hingga halus dan oleskan atau tempelkan daun sirih halus tersebut pada bisul, tutup dengan perban dan diamkan selama 1 jam, bersihkan dengan air.

Baca juga : Manfaat dan khasiat daun sirih untuk kesehatan

5. Daun kamboja

Selain daun siriih kita juga dapat menggunakan daun kamboja. Sebenarnya bukan daunnya yang akan kita gunakan, melainkan getah dari daun kamboja. Caranya yaitu anda oleskan getah daun kamboja pada bisul anda. Atau anda juga bisa menggunakan daum kamboja yang telah dicuci bersih, campurkan dengam minyak kelapa dan tempelkan pada bisul.

6. Mentimun dan biji pala

Kombinasi antara mentimun dan biji pala juga dapat menjadi obat mujarap untuk mengobati penyakit kulit seperti bisul. Caranya yaitu, haluskan mentimun hingga halus, kemudian campurkan dengan biji pala. Setelah tercampur, bungkus dengan menggunakan daun pisang dan panggang beberapa menit, kemudian anda ambil setelah dingin dan tempelkan pada bisul, tutup dengan perban, diamkan selama beberapa menit dan bersihkan dengan air.

7. Lidah buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang identik sekali dengan kecantikan rambut. Namun lidah buaya juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Salah satu manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan kulit yaitu untuk mengatasi jerawat dan bisul. Bahkan dalam kondisi parahpun, lidah buaya tetap bisa kita gunakan sebagai obat. Cara menggunakannya yaitu anda oleskan gel lidah buaya pada bisul secara terus- menerus hingga bisul kering dan sembuh.

Baca juga : Manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan

8. Daun bayam duri

Kita juga dapat membuat ramuan dari daun bayam duri untuk mengobati bisul. Untuk membuatnya, siapkan daun bayam duri 3-5 lembar, cuci hingga bersih. Tambahkan garam halus dan remas-remas hingga daun bayam ikut hancur. Kemudian oleskan atau tempelkan daun bayam tersebut pada bisul, diamkan selama 1 jam dan bersihkan dengan air.

Demikianlah informasi tentang Penyebab,Gejala Dan Cara Mengobati Bisul. Bisul termasuk penyakit umum yang dialami semua orang. Namun bisul juga sangat menganggu dan harus segera diatasi. Untuk menjaga agar bisul tidak muncul lagi. Kita disarankan untuk selalu menjaga kebersihan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.