7 Dampak Buruk Sering Menahan Kencing Terlalu Lama

Leni Fauziah

Dampak Buruk Sering Menahan Kencing Terlalu Lama - Kencing atau buang air kecil yaitu proses pembuangan urine dari dalam tubuh melalui proses pada ginjal. Kencing atau buang air kecil adalah hal yang wajar dan normal terjadi pada kita. Hal ini menunjukan jika sistem ekskresi atau metabolisme pada ginjal kita bekerja dengan baik. Dengan buang air kecil, sisa-sisa racun dari dalam tubuh juga akan dibuang melalui urine, dengan demikian, tubuh akan menjadi lebih sehat.

Buang air kecil atau kencing adalah hal yang penting, karena dengan kencing, racun dari dalam tubuh akan terbuang bersama dengan urine. Namun, banyak orang yang kurang menyadari hal tersebut, sehingga dengan berbagai alasan, banyak orang yang suka menunda atau menahan kencing hingga terlalu lama. Sadarkah anda, jika menahan kencing terlalu lama dapat berdampak mematikan bagi kesehatan tubuh kita.

Kenapa menahan atau menundang buang air kecil dapat mengakibatkan bahaya bagi kesehatan? Hal ini dikarenakan menahan kencing atau menunda buang air besar terlalu sering dapat menyebabkan infeksi pada saluran kemih dan pada wanita juag dapat menyebabkan ayang-ayangan dan air urine berubah menjadi warna merah.

Kandung kemih rata-rata memiliki kapasitas menampung urine sebanyak 0,4 liter. Ketika orang menahan kencing, kandung kemih akan melakukan mekanisme seperti melar atau merenggang. Selain itu, menahan kencing juga akan mengakibatkan berkembangnya bakteri sehingga akan berdampak mematikan bagi kesehatan. Nah, berikut beberapa Dampak Buruk Sering Menahan Kencing Terlalu Lama.
7 Dampak Buruk Sering Menahan Kencing Terlalu Lama
Dampak Buruk Sering Menahan Kencing Terlalu Lama

1. Menganggu proses dan organ pencernaan

Dengan menahan atau menunda buang air kecil, itu berarti secara langsung anda telah menganggu atau merusak sistem pencernaan atau organ pencernaan pada tubuh anda sendiri. Ketika proses pencernaan seharusnya selesai dengan pembuangan, namun karena anda tidak mau menuntaskannya, hal ini akan menganggu proses pencernaan berikutnya. Hal ini juga tentunya berdampak pada kesehatan organ pencernaan seperti kandung kemih, ginjal dan lain sebagainya.

2. Infeksi ginjal

Hal yang paling sering berdampak dari kebiasaan menahan kencing atau buang air keci adalah infeksi ginjal dan juga bisa berakibat batu ginjal atau gagal ginjal. Bakteri pada urin yang seharusnya dibuang akan tertahan pada kandung kemih sehingga akhirnya akan menyebar dan kembali ke ginjal serta keseluruh tubuh. Hal ini akan berdampak pada infeksi ginjal. 

3. Menyebabkan batu ginjal

Dalam urin mengandung zat-zat sampah dan harus dibuang seperti natrium atau garam, zat urea dan berbagai sisa meneral lainnya. Jika zat-zat sisa atau sampah tersebut tidak segera dibuang akan mengumpal, mengendap hingga akhirnya mengeras seperti batu yang biasa juga disebut dengan istilah batu ginjal. Jika sudah demikian, tentunya anda harus segera pergi kedokter untuk mendapatkan penanganan khusus.

4. Gagal ginjal

Gagal ginjal juga merupakan salah satu penyakit serius yang disebabkan dari kebiasaan sering menahan kencing atau menunda buang air besar. Dengan menumpuknya kotoran bersama urin yang seharusnya dibuang, ginjal akan mengalami kerusakan dan ginjal tak lagi dapat menyaring kotoran serta racun di dalam tubuh, siklus pencernaan dan metabolisme akan menjadi kacau.

5. Infeksi kandung kemih

Dampak buruk berikutnya yaitu terjadi infeksi pada kandung kemih. Dengan menumpuknya kotoran dan urin pada kandung kemih dan tidak segera dibuang akan menyebabkan kerusakan atau infeksi pada kandung kemih. Infeksi kandung kemih dapat dirasakan dengan gejala rasa sakit pada perut bagian bawah, muncul rasa nyeri saat buang air kecil,  sering buang air kecil dengan volume sedikit, dan buang air kecil dengan disertai pendarahan.

6. Infeksi saluran kencing

Sama halnya dengan infeksi kandung kemih, infeksi pada saluran kencing juga disebabkan karena menumpuknya bakteri pada saluran kencing karena urine tidak segera dibuang. Gejala yang dirasakan juga sama dengan infeksi pada kandung kemih.

7. Ayang-ayangan

Ayang-ayangan merupakan istilah yang dikenal untuk mendenifisikan sakit dan nyeri saat kita membuang air kecil atau kencing. Ayang-ayangan ini juga disebabkan karena kebiasaan menuda buang air kecil. Hal ini akan berdampak pada kesehatan ginjal.

Demikianlah informasi tentang Dampak Buruk Sering Menahan Kencing Terlalu Lama. Meskipun sepele, namun menahan kencing atau menunda buang air kecil akan sangat berdampak mematikan bagi kesehatan. Untuk itu, anda harus segela buang air kecil jika memang sudah harus melakukannya. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.