Cara Alami Dan Cepat Atasi Mual Dan Pusing

Leni Fauziah

Cara Alami Dan Cepat Atasi Mual Dan Pusing - Mual merupakan keadaan tidak nyaman pada perut bagian atas yang disertai dorongan ingin muntah. Namun, tidak semua mual diringi denga muntah. Namun biasanya mual juga dibebarengi dengan rasa pusing. Tentu keadaan ini sangat tidak nyaman, terlebih ketika anda dalam aktivitas sibuk dan pekerjaan menumpuk yang harus diselesaikan. 

Mual, muntah dan kepala pusing biasanya merupakan gejala yang disebabkan oleh banyak hal. Namun, mual bukanlah pertanda dari penyakit serius dari dalam tubuh. Namun mual menjadi pertanda atau kondisi dimana tubuh membuang materi yang mungkin berbahaya bagi tubuh. Mual biasanya terjadi ketika seseorang mengalami masuk angin, mabuk perjalanan dan lain sebagainya. Namun mual juga bisa disebabkan karena  mengkonsumsi makanan tertentu atau juga efek samping dari obat tertentu.

Nah sahabat, berbicara tentang perut mual dan kepala pusing, kali ini kita akan memberikan beberapa tips jitu untuk mengatasi mual dan kelapa pusing. Namun sebelum kita membahas cara mengatasi mual dan pusing, kita akan memberikan informasi tentang kondisi yang sering dikaitkan dengan mual dan kepala pusing. Berikut kondisi yang sering dikaitkan dengan gejala mual.
  • Demam
  • Masuk angin
  • Diare
  • Sakit perut
  • Kehamilan
  • Mabuk laut
  • Mabuk perjalanan
  • Inveksi virus
  • Keracunan makanan
  • Efek samping minum obat dan lain sebagainya
Mual dan sakit kelapa memang bukan penyakit serius, namun cukup mengganggu, terlebih ketika kita berapa di jadwal yang padat. Untuk itu masalah mual dan kepala pusing harus segera diatasi. Berikut Cara Alami Dan Cepat Atasi Mual Dan Pusing.
Cara Alami Dan Cepat Atasi Mual Dan Pusing
Cara Alami Dan Cepat Atasi Mual Dan Pusing

1. Minum air putih

Cara pertama untuk mengatasi masalah mual dan kepala pusing yaitu dengan minum air putih. Mual atau pusing juga biasanya disebabkan karena keadaan tubuh yang mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Dengan minum air putih, maka rasa mual dan kelapa pusing akan hilang dengan sendirinya.

2. Minum wedang jahe

Jahe merupakan salah satu rempah-rempah yang kaya akan manfaat. Jahe memiliki khasiat luar biasa untuk kesehatan dan sudah digunakan sejak ribuan tahun yang lalu sebagai obat tradisional. Efek jahe yang memberikan rasa hangat pada tubuh, tentunya bisa kita manfaatkan untuk mengatasi masalah perut mual, masuk angin, kepala pusing dan masalah kesehatan lainnya. Untuk menggunakannya yaitu dengan membuat ramuan atau minuman dari jahe, atau yang sering disebut dengan istilah wedang jahe. Bagi masyarakat pedesaan tentu bukan hal yang asing, ya wedang jahe biasa dikonsumsi masyarakat pedesaan untuk menghangatkan tubuh serta meningkatkan stamina. Untuk membuat wedang jahe juga sangat mudah sekali, anda rebus jahe dengan air, kemudian anda saring dan tambahkan sedikit madu, kemudian anda minum, maka rasa mual dan pusing akan hilang seketika.

3. Mengkonsumsi sup hangat

Masalah perut mual atau kepala pusing juga biasanya disebabkan karena masuk angin. Nah, untuk mengatasi hal ini, anda dapat mengkonsumsi sub atau minuman yang hangat. Efek hangat yang masuk kedalam tubuh akan mendorong gas atau angin di dalam perut keluar dan rasa mual akan hilang.

4. Menggunakan minyak kayu putih

Minyak kayu putih juga merupakan obat paling mujarap untuk mengatasi masalah mual, masuk angin juga pusing atau sakit kepala. Minyak kayu putih biasa menjadi cara pertolongan pertama dan paling banyak digunakan ketika orang mengalami mual, masuk angin dan sakit kelapa. Efek hangat yang ditimbulkan dari minyak kayu putih sangat efektif dalam mengatasi masalah mual, masuk angin dan lain sebagainya. Caranya anda cukup oleskan minyak kayu putih pada perut atau kepala anda, maka rasa mual dan pusing akan hilang.

5. Tidur atau istirahat

Cara terakhir yang bisa anda lakukan untuk mengatasi mual dan pusing adalah dengan cara istirahat atau tidur. Hal ini dikarenakan rasa mual atau pusing disebabkan tubuh kurang istirahat atau kecapekan akibat aktivitas yang terlalu berat atau bisa jadi karena kecapekan karena perjalan jauh. Dengan istirahat atau tidur, maka dapat mengembalikan tenaga serta menghilangkan rasa mual dan pusing.

Kapan harus pergi kedokter

Ketika tips diatas tersebut tidak dapat mengatasi atau mengobati masalah mual dan pusing, mungkin anda wjaib pergi ke dokter. Selain itu anda juga beberapa kondisi mual dan pusing yang mengharuskan anda untuk pergi ke dokter. Berikut kondisi anda harus pergi ke dokter.
Terdapat darah pada muntahan anda
Muntahan berwarna hijau yang berarti mengandung empedu
Mengalami sakit kepala parah dan leher terasa kaku
Sakit pada dada yang parah
Sakit perut yang mendadak muncul
Demam tinggi
Denyut jantung yang begitu cepat
Kelelahan, bingung dan kesadaran berkurang
Pndangan kabur
Muntah-muntah selama 24 jam

Jika anda mengalami hal tersebut, baiknya anda segera menghubungi dokter terdekat. Demikianlah informasi tentang Cara Alami Dan Cepat Atasi Mual Dan Pusing. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.