Penyebab, Gejala Dan Cara Alami Mengobati Infeksti Saluran Kemih

Leni Fauziah

Cara Alami Mengobati Infeksti Saluran Kemih - Infeksi saluran kemih merupakan suatu infeksi yang menyerang saluran kemih yaitu saluran yang memiliki peran penting dalam kelancaran buang air kecil atau urine. Ketika saluran kemih mengalami infeksi, maka sipenderita akan mengalami perih, sakit, atau panas ketika buang air kecil. Infeksi saluran kemih ini juga sangat berpengaruh pada kesehatan ginjal seperti munculnya batu ginjal ataupuan gagal ginjal. Hal ini dikarenakan saluran kemih sangat kental eratannya dengan uretra dan ginjal.

Berawal dari ginjal, kotoran bekas penyaringan darah juga racun akan dibuang melalui saluran kemih berbentuk urine. Urine akan dialirkan dari ginjal melalui ureter menuju ke penampungan sementara yaitu kandung kemih yang kemudian akan dibuang melalui saluran pembuangan. 

Infeksi saluran kemih biasanya menyerang wanita, hal ini dikarenakan jarak lubang untuk buang air wanita lebih dekat dengan anus yang mana kondisi tersebut membuat kotoran dan kuman cepat merambat. Meskipun demikian, bukan berarti pria aman, banyak juga pria yang mengalami infeksi saluran kemih. Lalu apa sebenarnya penyebab dari infeksi saluran kemih dan cara mengatasinya. Berikut informasinya.
Penyebab, Gejala Dan Cara Alami Mengobati Infeksti Saluran Kemih
Penyebab, Gejala Dan Cara Alami Mengobati Infeksti Saluran Kemih

Penyebab infeksi saluran kemih

  • Sering menahan atau menunda buang air kecil
  • Kencing manis atau diabetes
  • Batu ginjal
  • Sistem kekebalan tubuh yang rendah
  • Pemakaian alat kontr*sepsi diafragma
  • Kehamilan
  • Menopause
  • Kelainan saluran kemih dan lain sebagainya

Gejala infeksi saluran kemih

  • Terasa nyeri, panas dan sakit ketika buang air kecil
  • Sering buang air kecil, namun hanya sedikit yang keluar
  • Terkadang muncul darah pada urine
  • Urine berbau busuk 
  • Urine berwarna gelap, coklat dan pekat
  • Sering merasa nyeri pada bagian perut bagian bawah
  • Demam dan lain sebagainya

Cara mengobati infeksi saluran kemih

Untuk mengobati penyakit saluran kemih ada 2 metode, yang pertama yaitu dengan pemeriksaan dokter, hal ini dilakukan ketika infeksi saluran kemih sudah parah, namun ketika anda baru merasakan beberapa gejala dari infeksi saluran kemih, anda dapat melakukan metode yang kedua, yaitu dengan cara pengobatan alami atau tradisional. Berikut Cara Alami Mengobati Infeksti Saluran Kemih.

1. Bawang putih

Cara alami pertama untuk mengobati infeksi saluran kemih yaitu dengan menggunakan bawang putih. Bawang putih mengandung senyawa allicin yang memiliki sifat antibakteri, anti jamur, dan anti radang. Selain itu bawang putih juga kaya akan antioksidan yang dapat menangkal berbagai jenis penyakit. Untuk mengobati infeksi saluran kemih atau penyakit batu ginjal, anda disarankan mengkonsumsi bawang putih  siung setiap hari secara rutin.

2. Jahe

Cara alami berikutnya untuk mengobati infeksi saluran kemih yaitu dengan menggunakan jahe. Seperti yang kita ketahui, jahe merupakan rempah-rempah yang kaya akan manfaat untuk kesehatan. Jahe mengandung gingerol yang bersifat anti bakteri yang sangat kuat. Anti bakteri dapat menghambat penyebaran bakteri pada ginjal. Untuk mengobati infeksi saluran kandung kemih, anda bisa mengkonsumsi jahe setiap hari, tidak hanya mengobati infeksi saluran kemih saja, namun jahe juga dapat mengobati berbagai penyakit lainnya. Caranya yaitu dengan minum wedang jahe setiap hari.

3. Kunyit

Selain jahe, kita juga dapat menggunakan rempah-rempah lainnya yaitu kunyit. Sama halnya dengan jahe, kunyit juga memiliki sifat anti bakteri, anti jamur, serta anti inflamasi yang dapat menghambat perkembangan bakteri dan mikroba didalam tubuh termasuk dalam saluran kemih dan ginjal. Kunyit dapat menjadi obat mujarab untuk mengobati infeksi saluran kemih yaitu dengan mengokonsumsi kunyit setiap hari.

4. Cuka apel

Kita juga dapat menggunakan cuka apel untuk mengobati infeksi saluran kemih. Cuka apel sangat baik sekali untuk mengobati infeksi saluran kemih, caranya yaitu anda minujm cuka apel setiap hari, anda juga dapat mengkombinasikannya dengan madu.

5. Tanaman kumis kucing

Tamana kumis kucing yang biasanya dijadikan sebagai tanaman hias juga dapat menjadi obat mujarap untuk mengobati infeksi saluran kemih. Tanaman kumis kucing dapat membersihkan bakteri yang ada pada saluran kemih, caranya yaitu anda rebus beberapa daun kumis kucing hingga mendidih, kemudian saring dan minum 2 kali dalam sehari dalam keadaan hangat, masing-masing setengah gelas.

6. Lidah buaya

Lidah buaya juga dapat menjadi obat untuk mengatasi masalah infeksi saluran kemih. Hal ini dikarenakan lidah buaya dapat menghilangkan racun dari dalam tubuh melalui mekanisme pembersihan yang efektif. Dengan mengkonsumsi lidah buaya 2 kali dalam sehari dapat membuat saluran kemih menjadi sehat dan bersih.

7. Buah jeruk

Buah jeruk kaya akan vitamin C serta anti oksidan yang kuat yang baik sekali untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jeruk juga dapat meningkatkan asam pada ginjal, hal ini sangat baik sekali dalam mengobati penyakit saluran kemih. Hal ini dikarenakan bakteri akan sulit tumbuh dan berkembang. Anda juga dapat mengkonsumsi makanan lainnya yang mengandung vitamin C untuk mengobati infeksi saluran kemih.

8. Jus peterseli

Peterseli merupakan sayuran yang kaya akan vitamin dan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Peterseli juga merupakan sayuran yang baik sekali untuk membersihkan racun dari dalam tubuh, terutama pada ginjal. Untuk mengkonsumsinya, anda dapat menjadikan sebagai jus, atau masakan dengan campuran  sayuran lainnya.

9. Buah cranberry

Buah cranberry yaitu buah yang dapat menaikan keasaman tubuh. Dengan demikian, buah cranberry dapat mengatasi dan memberantas pertumbuhan bakteri pada tubuh, terutama pada ginjal. Bagi anda penderita infeksi saluran kemih, anda dapat mengobatinya dengan mengkonsumsi buah cranberry.

Pantangan penderita infeksi saluran kemih

  • Makanan yang mengandung bahan kimia
  • Alkohol
  • Sea food sperti udang, kepiting dan lain sebagainya
  • Makanan pedas
  • Makanan berlemak
  • Makan dibakar seperti sate dan lain sebagainya
  • Buah seperti nangka, durian dan lain sebagainya

Demikianlah informasi tentang Penyebab, Gejala Dan Cara Alami Mengobati Infeksti Saluran Kemih. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.