12 Manfaat Bunga Kenanga untuk Kesehatan

rina

Manfaat bunga kenanga untuk kesehatan - Bunga kenanga adalah salah satu jenis bunga yang dapat dengan mudah tumbuh di hutan maupun pekarangan rumah. Tanaman ini memiliki daun yang panang dengan tekstur yang halus dan berkilau. Sedangkan bunganya berbentuk seperti bintang laut dan berwarna hijau kekuningan.

Berbicara mengenai bunga kenanga, sebenarnya bunga ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan adanya kandungan zat-zat penting di dalamnya. Adapun kandungannya antara lain seperti asam bensoat, geraniol, farnesol, geraniol, bensin asetat, eugenol,  kadinen, linalool, sadrol, serta pinen. Selain itu, bunga kenanga ini juga dikenal sebagai penghasil minyak yang cukup tinggi, namun kandungan minyaknya mudah menguap.

Bunga kenanga sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan, khususnya dalam dunia kesehatan, yaitu sebagai obat alami untuk berbagai macam penyakit atau gangguan kesehatan. Nah, berikut ini beberapa manfaat bunga kenanga untuk kesehatan:
12 Manfaat Bunga Kenanga untuk Kesehatan
12 Manfaat Bunga Kenanga untuk Kesehatan

1. Sebagai aromaterapi

Kenanga memiliki kandungan minyak atsiri yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan alternatif pembuatan parfum aromaterapi. Kandungan minyak tersebut telah dipercaya mampu membantu dalam pengaturan kelenjar adrenalin. Sehingga akan meningkatkan perasaan senang dan tenang serta menghilangkan perasaan paning, cemas, gelisah, maupun marah.

2. Mencegah bau badan

Memiliki bau badan yang tidak sedap tentu sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Apalagi saat bersama banyak orang disekitar, tentu akan menghilangkan rasa percaya diri. Untuk mencegah datangnya bau badan yang tak sedap, anda bisa memanfaatkan bunga kenanga. Konsumsilah ramuan yang terbuat dari kembang kenanga sebanyak 15 gram dan gula batu secukupnya dalam 600 cc air. Lalu rebus hingga tersisa air setengahnya. Setelah disaring lalu minumlah.

3. Mengatasi penyakit kudis

Penyakit kudis bisa menyerang siapa saja. Untuk mengobatinya anda juga bisa memanfaatkan bunga kenanga. Cukup haluskan beberapa kuntum bunga ketanga, lalu oleskan pada bagian yang sakit. Dengan pengobatan teratur ini akan membantu mengatasi masalah kudis secara maksimal. Selain kudis juga bisa mengobati panu pada kulit anda.

4. Untuk mengatasi demam saat nifas

Saat nifas, memang banyak gangguan yang dialami oleh wanita, salah satunya adalah gangguan demam. Untuk mengatasi demam tersebut, anda bisa memanfaatkan bunga kenanga. Anda cukup membuat ramuan dari bunga kenanga. Tumbuklah bunga kenanga bersama dengan bahan lainnya seperti turi merah, jahe, kunyit, kencur, serta asam. Setelah halus tambahkan garam dan air sedikit. Lalu gunakan ramuan tersebut untuk digosokan pada perut atau punggung. Lakukan 2 kali sehari.

5. Untuk mengobati sakit kepala

Jika anda mengalami sakit kepala, anda tidak perlu paning. Manfaatkanlah bunga kenanga sebagai obat alami. Rebuslah kenanga dan jahe yang telah diiris bersama air 400 cc. Setelah mendidih tunggulah sampai hangat. Selagi masih hangat minumlah sebagai obat tradisional sakit kepala.

6. Mengobati sesak nafas

Gangguan sesak nafas saat asma juga bisa anda atasi dengan rutin mengkonsumsi ramuan herbal dari kembang kenanga sebanyak 15 gram dan rebus dengan 200 cc air. Minumlah ramuan tersebut selagi masih hangat. Lakukan pengobatan sebanyak 2 kali sehari.

7. Mengobati batuk

Batuk memang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk mengobatinya, cukup dengan mengkonsumsi ramuan rebusan bunga kenanga secara teratur. Rebuslah kembang kenanga bersama umbi dari bunga lilin yang telah kering, serta kulit jeruk mandarin dengan beberapa cc air. Lalu minumlah selagi masih hangat.

8. Mengatasi gangguan keputihan

Jika wanita mengalami keputihan, bisa diatasi dengan memanfaatkan bunga kenanga. Cukup merebus bunga kenanga bersama dengan buah delima serta beberapa cc air. Setelah mendidih, tunggu sampai hangat. Lalu minumlah sebanyak 2-3 kali dalam sehari, agar mendapat hasil maksimal.

9. Mengobati rematik secara alami

Rematik atau sakit encok juga bisa anda atasi dengan ramuan bunga kenanga. Cukup sediakan 15 gr kuncup bunga kenanga, 20 gr daun ketapang, 30 gr daun sirkaya, 10 butir merica, dan 20 gr jahe. Tumbuklah semua bahan tersebut hingga halus. Lalu tambahkan kapur sirih dan air secukupnya. Kemudian aduk hingga rata lalu balurkan ke area yang terasa nyeri. Lakukan 2 kali sehari.

10. Sebagai obat penyakit malaria

Penyakit malaria disebabkan oleh nyamuk. Biasanya dikarenakan pola hidup yang tidak bersih. Jangan anggap sepele, segeralah atasi dengan konsultasi dokter. Anda juga bisa memanfaatkan bunga kenanga. Anda cukup menyeduh 3 kuntum bunga kenanga dan minumlah secara rutin.

11. Obat bronkhitis

Penyakit bronkhitis ini menyerang bagian bronkus manusia. Bisa diatasi dengan memanfaatkan bunga kenanga. Seduhlah beberapa kuntum bunga kenanga bersama dengan segelas air. Biarkan hingga setengah gelas dan minumlah secara teratur di pagi dan sore hari agar hasilnya maksimal.

12. Membantu mengatasi kulit kering

Kulit yang kering memang bisa membuat kita merasa tidak percaya diri saat berada di luar ruangan, apalagi saat banyak orang. Untuk mengatasinya, cukup memanfaatkan bunga kenanga. Ekstrak kembang kenanga warna hijau kekuningan ini biasnaya digunakan sebagai bahan pembuatan sabun. Fungsinya untuk menyeimbangkan kadar minyak pada kulit. Sangat cocok bagi orang yang memiliki kulit kering.


Demikianlah informasi tentang 12 Manfaat Bunga Kenanga untuk Kesehatan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung ke situs kami, Silahkan tinggalkan komentar