Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati Cacingan pada Anak

rina

Penyebab, gejala, dan cara mengobati cacingan pada anak - Cacingan adalah salah satu penyakit yang kebanyakan penderitanya yaitu anak-anak. Memang yang namanya kasus cacingan ini tidak boleh dibiarkan begitu saja dan harus ditangani para orang tua sedini mungkin. Hal ini ditujukan agar menjadi lebih parah untuk kedepannya.

Berbicara mengenai cacingan, sebenarnya akan sangat merugikan jika dibiarkan begitu saja pada anak-anak. Selain mengganggu kesehatan, cacingan biasanya juga akan membuat para penderitanya menjadi lebih kurus dan susah untuk menaikkan berat badan. Itu sebabnya para orang tua harus memperhatikan kesehatan sang anak agar tidak terserang cacingan.

Apabila anak sudah terlanjur terserang cacingan, lalu bagaimana cara mengatasinya atau menyembuhkannya? Untuk menyembuhkan sebenarnya ada banyak cara, tentunya dengan cara yang alami dan lebih cepat. Namun sebelumnya, perlu juga untuk mengetahui penyebab dan gejala cacingan agar bisa mengobatinya dengan benar. Berikut ini beberapa penyebab, gejala, dan cara mengobati cacingan pada anak:
Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati Cacingan pada Anak
Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati Cacingan pada Anak

Penyebab cacingan

Ada banyak hal yang menyebabkan sang anak terkena cacingan. Dan ada banyak faktor juga yang menyebabkan cacingan mudah menyebar. Dan yang paling umum adalah kurangnya menjaga kebersihan lingkungan sang anak. Ini merupakan tanggung jawab orang tua. Adapun penyebab lebih jelasnya sebagai berikut:
  • Setelah selesai beraktivitas tidak mencuci tangan, hal ini akan membuat bakteri dan kotoran menempel terus.
  • Kurangnya kebersihan lingkungan dan makanan, makanan yang sebelum dimasak tidak melalui proses pencucian yang bersih atau sebagainya.
  • Makanan atau minuman kotor, biasa saja terdapat larva atau telur dari cacing yang menempel pada makanan dan minuman yang dikonsumsi dan akhirnya ikut masuk ke dalam tubuh.

Gejala cacingan

Gejala terjadinya cacingan bermacam-macam. Agar anda bisa mengetahui apakah anak anda terserang cacingan atau tidak, berikut ini beberapa tanda yang perlu anda ketahui:
  • Diare
  • Buang air besar berdarah
  • Peradangan pada usus
  • Muntah
  • Gatal pada area anus.

Cara mengobati cacingan

1. Bawang putih

Bawang putih memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Jadi tidak perlu diragukan lagi akan manfaatnya. Bahkan bawang putih pun bisa anda manfaatkan untuk mengobati penyakit cacingan. Ambilah dua siung bawang putih dan cuci hingga bersih. Lalu kupas kulitnya dan kunyah sebentar lalu telan. Setelah itu minum segelas air putih hangat.

2. Daun pepaya

Daun pepay memang memiliki rasa yang pahit. Namun jika diolah dengan baik dan benar, rasa pahitnya akan berkurang. Selain untuk mengobati demam berdarah, daun pepaya juga dapat mengobati cacingan pada anak. Rebuslah daun pepaya bersama akar melati. Lalu saringlah air rebusan tersebut dan minumlah.

3. Kulit mangga

Mungkin banyak yang tidak mengetahui akan manfaat kulit mangga. Jadi, bukan hanya mangganya saja yang bermanfaat, tapi kulitnya juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan zat antelmintik di dalamnya dapat membantu membasmi beberapa cacing dalam tubuh seseorang. Zat ini akan muncul apabila kulit direbus dalam waktu cukup singkat yaitu sekitar 15 menit.

4. Menggunakan biji pepaya dan madu

Selain kulit pepaya, anda juga bisa memanfaatkan biji dari buah pepaya, yaitu dengan dikombinasikan dengan madu. Untuk mengobati cacingan, caranya yaitu dengan mengeringkan biji pepaya dan tumbuk hingga halus. Setelah itu lalu diaduk dengan air hangat. Tambahkan madu murni secukupnya agar rasa dari ramuan tersebut tidak terlalu hambar.

5. Akar delima

Cacingan juga bisa anda sembuhkan dengan memanfaatkan akar delima. Cukup menyiapkan 7 gram akar delima kemudian cuci dengan air yang mengalir hingga bersih. Potonglah dengan ukuran kecil dan rebus bersama air selama seperempat jam. Minumlah secara rutin setiap harinya hingga benar-benar sembuh.

6. Lampuyang wangi

Tanaman lampuyang rimpang seperti jahe dan temulawak. Tanaman ini memang tergolong tanaman liar namun bermanfaat bagi kesehatan. Bunganya memiliki bentuk seperti ujung ekor ular gurun atau ular derik. Siapkan 2 ruas jari lempuyang dan 3 butir bawang merah. Tumbuk semua bahan hingga halus. Seduh dengan setengah gelas air. Peras ainya dan minumlah dua kali sehari, yaitu 2 sendok setiap minuman.

7. Daun putri malu

Mungkin kebanyakan orang mengira bahwa daun putri malu tidak memiliki manfaat, namun sebenarnya bermanfaat bagi kesehatan, salah satunya baik untuk mengobati cacingan. Untuk memanfaatkannya, anda cukup merebus daun putri malu hingga keluar sarinya. Lalu minum sari daun tersebut sebelum tidur. Dengan ramuan ini akan membuat cacing mati dalam tubuh.

8. Tanaman krokot

Tanaman krokot juga bisa anda manfaatkan untuk mengatasi masalah cacingan bagi sang anak. Tenang saja jangan cemas. Untuk memanfaatkannya, cukup menyiapkan segenggam tanaman krokot segar. Cucilah hingga bersih. Lalu rebus dengan 600 ml air. Setelah mendidih biarkan sebentar hingga hangaat. Kemudian minumlah airnya selagi masih hangat. Lakukan di pagi dan malam hari.

Demikianlah informasi tentang Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati Cacingan pada Anak. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung ke situs kami, Silahkan tinggalkan komentar