Penyebab Sakit Kepala Sebelah dan Cara Mengatasinya

Penyebab sakit kepala sebelah dan cara mengatasinya - Sakit kepala sebelah atau yang sering disebut dengan migrain adalah suatu kondisi dimana kepala merasakan sakit pada sisi sebelah saja. Biasanya penyakit ini melanda orang dewasa, terutama pada seseorang yang bekerja di perkantoran atau pekerjaan yang sibuk dengan pemikiran otak.

Berbicara mengenai sakit kepala sebelah, sebenarnya sakit semacam ini mudah-mudah susah. Terkadang sembuh dengan sendirinya, terkadang juga perlu pengobatan. Namun yang perlu kita ketahui yaitu jangan membiarkan migrain menetap. Segera lakukan pengobatan apabila mengalami sakit kepala sebelah atau migrain.

Sakit migrain biasa disebabkan oleh berbagai hal, misalnya karena kondisi tubuh yang kurang fit, sebab psikologis, hingga pengaruh luar seperti polusi dan kebisingan. Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Nah, sebelum tahu bagaimana cara mengatasinya, berikut ini beberapa penyebab datangnya sakit kepala sebelah atau migrain:
Penyebab Sakit Kepala Sebelah dan Cara Mengatasinya
Penyebab Sakit Kepala Sebelah dan Cara Mengatasinya

Penyebab sakit kepala sebelah atau migrain

1. Kurang minum atau cairan

Setiap orang pasti butuh cairan dalam tubuhnya. Untuk itu sangat penting untuk memperhatikan asupan cairan dalam tubuh, agar tidak terjadi berbagai macam gangguan kesehatan seperti dehidrasi, sakit kepala, dan lain sebagainya. Biasanya, orang yang jarang minum atau jarang mengisi cairan tubuhnya, ia akan mudah merasa lemas, lelah, pusing, dan malas melakukan berbagai aktivitas.

2. Asap rokok

Bagi sebagian besar orang, memang asap rokok sangat mengganggu, Tentu saja, karena sudah tertara jelas bahwa rokok dapat merusak kesehatan. Bagi orang yang daya tahannya kurang, maka ketika berada di tempat yang terdapat asap rokok, akan seketika merasakan pusing atau sakit kepala sebelah. Bukan hanya perokok aktiv, tapi juga perokok pasif.

3. Istirahat yang tidak teratur

Setiap orang pasti butuh istirahat, dan istirahat yang paling baik adalah tidur. Nah, apabila seseorang kurang istirahat dan kurang tidur, maka daya tahan tubuhnya akan melemah. Apabila hal ini sering dilakukan, maka akan dapat menyebabkan pusing atau sakit kepala sebelah atau migrain. Bukan hanya istirahat yang kurang, namun istirahat yang tidak teratur pun juga bisa menyebabkan migrain.

4. Stres

Memang bukan rahasia lagi kalau stres menjadi penyebab migrain atau sakit kepala sebelah. Stres biasanya disebabkan oleh banyak hal. Namun pada intinya stres disebabkan karena otak yang tak mampu memikirkan banyak hal atau menanggung banyak hal yang trjadi pada dirinya sendiri. Oleh sebab itu sangat dianjurkan bagi setiap orang untuk tidak terlalu sepaneng dalam menghadapi segala hal.

5. Gula darah yang rendah

Kadar gula darah yang rendah juga bisa menjadi penyebab terjadinya sakit kepala sebelah atau migrain. Biasanya gula darah yang rendah akan membuat seseorang menjadi lemas dan lesu. Dan setelah itu akan mengakibatkan kepala menjadi sakit, pusing, atau migrain. Oleh sebab itu sangat penting untuk menjaga kadar gula darah dalam tubuh.

6. Minuman beralkohol

Minuman beralkohol memang tidak boleh dikonsumsi. Selain menyebabkan sakit kepala sebelah, migrain, atau pusing, minuman beralkhohol juga dapat menyebabkan penyakit serius seperti obesitas, stroke, hingga serangan jantung. Maka jauhilah minuman beralkohol, karena minuman tersebut merupakan sumber penyakit yang dapat membahayakan kesehatan tubuh.

Gejala migrain atau sakit kepala sebelah

Biasanya, migrain atau sakit kepala sebelah akan menimbulkan beberapa gejala yang bisa kita ketahui. Berikut ini beberapa gejala migrain:

1. Tubuh terasa lemas

Tubuh yang terasa lemas merupakan gejala awal seseorang akan mengalami sakit kepala sebelah atau migrain. Tubuh yang lemas bisa terjadi pada siapa saja. Gejala lemas inilah yang kemudian akan diikuti dengan sakit kepala sebelah atau migrain. Jagala kondisi tubuh anda agar tubuh selalu segar, bersemangat, dan kuat.

2. Rasa mual dan ingin muntah

Gejala selanjutnya yaitu rasa mual para perut dan ingin muntah. Tubuh yang terasa lemas, dan kemudian terasa mual lalu ingin muntah, inilah gejala anda akan mengalami migrain atau sakit kepala sebelah. Gejala ini bisa terjadi pada siapa saja yang tidak menjaga kesehatan tubuh dengan baik.

3. Sakit perut atau diare

Sakit perut atau diare juga merupakan gejala dari migrain atau sakit kepala sebelah. Apabila anda mengalami sakit perut atau diare, segeralah untuk mengobatinya sebelum menjala ke sakit kepala sebelah. Jika dibierkan begitu saja, maka bisa menyebabkan kepala menjadi pusing, sakit, dan migrain.

4. Konsentrasi menurun

Ketika konsentrasi seseorang menurun, maka bisa menjadi indikasi bahwa itu merupakan gejala migrain. Biasanya seseorang yang terserang migrain akan sangat sulit untuk berpikir dan berkonsentrasi dalam segala hal. Bahkan hal yang mudah untuk dikerjakan pun menjadi sulit. Itulah salah satu gejala migrain, yaitu konsentrasi buyar atau menurun.

Cara mengobati sakit kepala sebelah

Setelah mengetahui apa saja penyebab dari migrain atau sakit kepala, serta beberapa gejala migrain, berikut ini beberapa cara untuk mengobatinya yang perlu anda ketahui:

1. Minum obat

Untuk mengatasi dan mengobati sakit kepala, tentu saja harus dengan obat, baik itu obat alami maupun obat yang dikasih dokter atau obat yang dibeli di apotek. Anda bisa mengatasi migrain atau sakit kepala sebelah dengan minum obat migrain. Carilah obat yang cocok untuk menyembuhkan migrain.

2. Minum air putih

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa kekurangan air putih atau cairan dapat menyebabkan seseorang merasa pusing, sakit kepala, atau migrain. Untuk mencegah dan mengatasinya, maka perbanyaklah minum air putih. Setidaknya sehari minum air putih sebanyak 8 lier atau 8 gelas. Selain menghindari migrain juga dapat menghindarkan gangguan dehidrasi. 

3. Kompres dengan es batu

Anda juga bisa mengkompres kepala anda dnegan es batu. Ya, dengan mengkompres es batu ini akan dapat membantu meredakan sakit kepala sebelah atau migrain. Caranya, cukup membungkus es batu dengan kain bersih, lalu tempelkan dengan sedikit mengoles dan memijatkan pada kening. Maka secara perlahan sakit kepala sebelah akan sembuh.

4. Pijat

Melakukan pijatan-pijatan perlahan pada kepala anda juga akan membantu mengatasi sakit kepala sebelah. Anda bisa melakukan pijatan dengan sedikit olesan minyak herbal yang beraroma min. Cukup oleskan pada kepala anda yang sakit lalu pijatkan secara perlahan agar migrain bisa mereda.

5. Istirahat

Istirahat yang cukup sangatlah diperlukan. Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa istirahat yang kurang atau tidak teratur bisa menyebabkan migrain. Maka untuk mengatasinya yaitu dengan melakukan istirahat yang teratur dan terjadwal. Pastikan anda tidur pada jam yang tepat dan bangun pada jam yang telah ditetapkan seblumnya. Hal ini ditujukan agar tidak mudah terserang migrain.

6. Pergi ke dokter

Apabilah semua cara tidak mampu mengatasi atau mengobati sakit kepala sebelah yang anda alami, maka cara terakhir yang perlu anda lakukan adalah dengan membawanya ke dokter terdekat. Cobalah untuk memeriksakan apa yang terjadi pada sakit kepala yang anda alami tersebut. Apakah disebabkan oleh penyakit kronis atau karena hal lainnya. 

Demikianlah informasi tentang Penyebab Sakit Kepala Sebelah dan Cara Mengatasinya. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung ke situs kami, Silahkan tinggalkan komentar