11 Manfaat Bunga Melati untuk Kesehatan

rina

Manfaat bunga melati untuk kesehatan - Bunga melati merupakan salah satu buga yang memiliki bau yang harum dan memiliki warna putih yang cantik, melambangkan kebersihan hati. Selain itu, bunga melati juga meemiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Hal ini karena adanya kandungan zat gizi di dalamnya yang berperan penting dalam dunia kesehatan.

Berbicara mengenai melati. Biasanya bunga yang satu ini sering dijadikan bahan untuk pelengkap dekorasi, baik itu dekorasi pengantin maupun acara lainnya. Selain itu, bunga melati juga sering dijadikan kalung untuk persembahan penghargaan bagi siapapun dan dalam acara apapun. Namun tahukah anda, dibalik itu semua, bunga melati memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan.

Bunga melati memiliki kandungan senyawa yang bermanfaat seperti indole, linalcohol, asetat benzilic, alkohol benzilic, dan jasmon. Semua senyawa tersebut baik untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh. Nah, berikut ini beberapa manfaat bunga melati untuk kesehatan:
11 Manfaat Bunga Melati untuk Kesehatan
11 Manfaat Bunga Melati untuk Kesehatan

1. Mengobati sengatan lebah atau serangga

Apabila anda sedang bermain ke kebun, atau menjelajah hutan, atau sedang memetik buah lalu disengat lebah, serangga, atau sejenisnya, anda bisa mengobatinya dengan memanfaatkan bunga melati. Bunga ini mampu mengobati sengatan lebih efektif. Cukup siapkan segenggam bunga melati dan remas-remas hingga halus, lalu tempelkan ke bagian tubuh yang tersengat.

2. Mengobati sesak nafas

Sesak nafas memang terasa sangat menyiksa. Untuk mengobatinya, gunakanlah bunga melati. Bunga ini mengandung zat yang baik untuk mengobati sesak nafas. Rebus 20 lembar bunga melati, garam, dan 3 gelas air. Tunggu hingga mendidih. Setelah itu saringlah airnya dan minum dua kali sehari di pagi dan sore hari.

3. Mengobati demam dan sakit kepala

Ketika anda mengalami demam dan sakit kepala atau sekedar pusing, anda bisa memanfaatkan bunga melati untuk mengobatinya. Cukup siapkan bunga melati satu genggam dan remaslah hingga hancur. Lalu rendam dengan air. Gunakanlah air rendaman tersebut untuk mengompres dahi anda.

4. Mengobati sakit mata

Bagi anda yang memiliki masalah dengan mata anda. Baik itu terkena iritasi ataupun keluar belek terus-menerus. Anda bisa memanfaatkan bunga melati untuk mengobatinya. Cukup remas segenggam bunga melati dan tempelkan pada dahi anda di atas mata. Apabila bunga melati sudah kering, maka segeralah mengganti dengan yang baru diremas.

5. Mengobati stres

Setiap orang pasti pernah mengalami stres. Baik itu yang disebabkan koleh masalah pekerjaan, sekolah, masalah keluarga, teman, hubungan kekasih, atau sebagainya. Stres bisa anda atasi dengan memanfaatkan bunga melati. Cukup minum teh bunga melati untuk memberikan efek baik bagi otak dan pikiran anda. Selain diminum, anda juga perlu menghirup aroma teh bunga melatinya yang dapat memberikan efek relaksasi.

6. Menurunkan berat badan

Berat badan yang berlebih memang sangat mengganggu penampilan dan kenyamanan dalam beraktivitas. Untuk menurunkan berat badan, anda perlu mengkonsumsi teh bunga melati yang dikombinasikan dengan teh hijau. Teh hijau memiliki kandungan antioksidan dan epigallocatechin Gallate yang efektif dalam proses pembakaran lemak tubuh.

7. Mengobati susah tidur

Bagi anda yang susah tidur di malam hari atau insomnia, anda bisa memanfaatkan bunga melati untuk memudahkan anda dalam memejamkan mata. Cukup mengambil akar bunga melati sebanyak 1-1,5 gram dan cucilah hingga bersih. Tumbuklah akar melati tersebut dan tambahkan air secukupnya. Setelah itu saring dan minumlah airnya secara rutin.

8. Menyeimbangkan gula darah

Gula darah yang selalu naik atau tidak stabil, tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan. Untuk menstabilkan atau menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh anda, konsumsilah teh bunga melati. Teh ini sangat baik bagi anda yang memiliki masalah dengan diabetes atau kadar gula darah yang tinggi.

9. Mengobati radang usus

Radang usus memang penyakit yang tidak boleh disepelekan. Obatilah radang usus dengan memanfaatkan bunga melati. Siapkan segenggam bunga melati poncosuda. Lalu rebus bunga tersebut dengan 3 gelas air. Setelah mendidih dan tersisa satu gelas, minumlah airnya sebanyak 2 kali dalam sehari.

10. Mengobati demam berdarah

Demam berdarah sering kali terjadi dikala musih penghujan tiba. Biasanya akan menyerang orang yang tempat tinggalnya kurang terpandang atau kurang bersih. Untuk mencegah, anda perlu menjaga kebersihan tempat. Dan untuk mengobatinya, anda bisa merebus 7 lembar daun melati dan 1,25 gram blimbing dalam 250 liter air hingga mendidih. Setelah dingin lalu minumlah berturut-turut 3 hari.

11. Radang ginjal

Bunga melati juga efektif dalam mengobati penyakit radang ginjal. Anda cukup dengan merebus 15 gram daun melati yang sudah kering dengan 2 gelas air. Setelah mendidih dan tersisa segelas air saja, lalu minumlah 2 kali sehari secara rutin. Minumlah hingga warna urine anda menjadi normal kembali.

Demikianlah informasi tentang 11 Manfaat Bunga Melati untuk Kesehatan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung ke situs kami, Silahkan tinggalkan komentar