Manfaat Bunga Melati untuk Kecantikan

rina

Manfaat bunga melati untuk kecantikan - Bunga melati adalah salahh satu bunga yang memiliki aroma yang harum. Bunga ini banyak digunakan di acara pernikahan, khitanan, dan acara lainnya sebagai pelengkap pakaian yang dikenakan. Selain itu juga sering digunakan sebagai pelengkap dekorasi.

Berbicara mengenai bunga melati. Bunga ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan maupun kecantikan tubuh. Soal kecantikan, wajah merupakan bagian tubuh yang paling banyak diperhatikan orang, tentu saja kecantikan wajah sangat perlu untuk diperhatikan. Bukan hanya bagi kaum wanita, kaum pria pun juga demikian.

Jika Anda mengalami masalah kulit wajah yang mengganggu, seperti jerawat, komedo, minyak berlebihan, pori-pori besar, kusam, dan lain sebagainya, maka akan sangat disarankan memanfaatkan bunga melati untuk mengatasi itu semua. Berikut ini beberapa manfaat bunga melati untuk kecantikan:

Manfaat Bunga Melati untuk Kecantikan
Manfaat Bunga Melati untuk Kecantikan

1. Mengobati jerawat

Bagi anda yang memiliki masalah dengan jerawat yang tak kunjung hilang. Atau jerawat yang hilang tapi selalu muncul kembali, anda bisa memanfaatkan bunga melati untuk mengatasinya. Anda cukup menyiapkan 20 kuntum melati, asam kawak, 3 gram belerang, dan 2 sdm air jeruk nipis. Cucilah semua bahan dan tumbuk hingga halus. Peras bahan yang ditumuk dan tambahkan jeruk nipis. Oleskan pada kulit wajah merata dan diamkan selama 10-15 menit. Bilas hingga bersih.

2. Mencegah penuaan

Penuaan dini memiliki banyak tanda-tanda yang bisa dengan mudah kita ketahui, seperti kulit wajah yang mengkerut, kusam, muncul garis halus, dan lain sebagainya. Untuk mencegah dan mengatasinya, manfaatkanlah bunga melati. Minumlah teh bunga melati setiap hari agar tanda penuaan dini bisa teratasi.

3. Melembutkan kulit

Kulit yang lembut memang menjadi idaman setiap orang. Untuk mendapatkan kulit lembut, perlu dilakukan perawatan secara rutin, baik itu dari dalam maupun dari luar. Tumbuklah segenggam minyak zaitun dengan air mawar, madu, dan susu. Kemudian terapkan pada kulit anda secara merata. Pijatlah juga secara perlahan selama 15 menit. Maka sel kulit mati akan terangkat dan kulit menjadi lebih lembut.

4. Mengatasi rambut rontok

Rambut rontok memang terasa sangat tidak nyaman. Apalagi jika rontoknya rambut diketahui oleh banyak orang, pasti akan menambah rasa malu. Untuk mencegah dan mengatasinya, manfaatkanlah bunga melati. Siapkan 15 kuntum bunga melati, 2 lembar pandan wangi, 2 kuntum mawar, 5 helai daun mangkokan, 7 lembar daun urang aring, 10 gram biji kemiri, 50 ml minyak wijen, dan secangkir minyak kelapa serta 4 liter air bersih. Haluskan semua bahan dan panaskan dengan api kecil selama 25 menit. Lalu terapkan pada kulit kepala anda secara merata dan rutin di pagi dan sore hari.

5. Menghaluskan kulit tubuh

Kulit tubuh yang halus memang menjadi idaman setiap orang. Wujudkanlah dengan memanfaatkan bunga melati. Bunga ini memiliki banyak manfaat baik untuk kehaluskan kulit tubuh. Cuci bersih segenggam melati dan tumbuklah hingga halus, lalu tambahkan air mawar. Anda juga bisa mencampurkan susu atau madu. Oleskan pada kulit merata dan tunggu selama 20 menit. Anda bisa menggunakan masker ini 2-3 kali dalam seminggu. 

6. Meperkuat akar rambut

Rambut yang kuat akan menjauhkan dari kerontokan dan kerusakan. Milikilah rambut kuat dan sehat dengan memanfaatkan bunga melati. Siapkan 14 bunga melati, 6 daun mangkokan, 2 pandan, 6 daun urang aring, secangkir minyak kelapa, 50 ml minyak wijen, 10 gram kemiri, 2 bunga mawar, dan 4 liter air. Campurlah minyak wijen dan minyak kelapa lalu panaskan. Tumbuk semua daun tadi. Seluruh bunga dicacah kecil-kecil. Campur semua bahan dan panaskan selama 20 menit dengan api kecil. Saringlah air rebus dan dinginkan. Lalu oleskan pada kulit kepala sambil dipijat. Lakukan 2 kali sehari sebelum mandi.

Demikianlah informasi tentang Manfaat Bunga Melati untuk Kecantikan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung ke situs kami, Silahkan tinggalkan komentar