Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati Panas Dalam

rina

Penyebab, gejala, dan cara mengobati panas dalam - Siapa sih yang tidak pernah mengalami gangguan panas dalam? Hampir semua orang pernah mengalaminya. Penyebabnya pun beragam, bisa karena mengkonsumsi makanan panas dan berlemak, terlalu panas atau dingin, dan sebagainya.

Berbicara mengenai panas dalam. Memang gangguan kesehatan yang satu ini terkadang datang tanpa kita sadari dan langsung terasa begitu saja. Nah, untuk berjaga-jaga, maka kita perlu melakukan berbagai cara untuk mencegahnya. Sebelum melakukan pencegahan, tentu kita harus tahu terlebih dahulu mengenai penyebab, gejala, dan bagaimana cara mencegah atau mengobatinya.

Sebenarnya ada banyak penyebab, gejala, maupun cara mencegah/mengobatinya. Tergantung bagaimana kita melakukannya, apakah kita bisa melakukannya dengan baik dan benar? Nah, berikut ini penjelasan lebih lengkap mengenai penyebab, gejala, dan cara mengobati panas dalam.
Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati Panas Dalam
Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati Panas Dalam

Penyebab panas dalam

Ada banyak sekali penyebab panas dalam yang mungkin tidak diketahui oleh banyak orang. Ini semua berawal dari kebiasaan hidup yang kurang sehat atau pola hidup yang kurang diperhatikan. Berikut ini beberapa penyebabnya:
  • Terlalu banyak mengkonsumsi makanan panas dan berlemak
  • Mengkonsumsi makanan terlalu panas atau dingin
  • Kurangnya asupan vitamin C, serat, dan cairan dalam tubuh
  • Faktor cuaca dan lingkungan, terutama saat panas/kemarau
  • Kondisi seseorang yang sedang stres
  • Ketidak stabilan hormon dalam tubuh seseorang
  • Sistem imunitas tubuh seseorang yang menurun.

Gejala panas dalam

Panas dalam memiliki banyak gejala yang perlu kita ketahui. Hal ini ditujukan agar kita tahu bahwa apa yang kita rasakan merupakan gejala dari panas dalam. Nah, berikut ini beberapa gejala panas dalam:
  • Muncul beberapa gangguan pada mulut. Mulai dari sariawan, bibir pecah, dan bau mulut tak sedap.
  • Terjadinya gangguan sistem pencernaan seperti sembelit dan wasir.
  • Gangguan pada bagian tenggorokan. Seperti sakit tenggorokan, peradangan, tenggorokan gatal, kering, dan sebagainya.
  • Sering merasa haus dan selalu ingin minum.
  • Badan terasa meriang dan bahkan terkadang panas sangat tiinggi.

Cara mengobati panas dalam

1. Madu dan perasan lemon

Untuk mengobati panas dalam, anda bisa memanfaatkan madu dan perasan jeruk lemon. Kedua bahan ini memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh. Kombinasi keduanya sangat cocok untuk mengatasi gejala panas dalam. Madu mengandung mineral, vitamin, dan nutrisi penting lainnya. Sedangkan jeruk lemon mengandung vitamin C yang efektif meningkatkan sistem imun tubuh.

2. Cincau

Bukan hanya madu dan perasan lemon saja, cincau pun dapat anda manfaatkan untuk mengobati panas dalam. Cincau kaya akan serat yang baik untuk meredakan panas dalam, baik untuk pencernaan, dan masih banyak lagi. Untuk khasiat lebih efektif, sebaiknya tidak memakan atau minum cincau bersama dengan es. Dan lebih baik dicamur gula merah sebagai pemanis alami.

3. Rumput laut

Rmput laut merupakans alah satu biota laut yang kaya akan kandungan seratnya. Kandungan tersebut efektif untuk mengatasi panas dalam. Anda bisa memperoleh ekstrak rumput laut dalam bentuk agar-agar. Ingat, jika ingin menggunakan gula pemanis, gunakan gula jawa, jangan gunakan gula pasir.

4. Air kelapa hijau muda

Air kelapa hijau muda memiliki kandungan elektrolit yang cukup tinggi. Selain baik untuk mencegah terjadinya dehidrasi dan meningkatkan ion tubuh, air kelapa muda juga sangat baik untuk mengobati gejala panas dalam. Jadi sangat cocok untuk anda manfaatkan sebagai obat alami mengatasi masalah panas dalam.

5. Cuka apel

Yang namanya cuka pasti rasanya asam gimana gitu. Meskipun demikian, ternyata cuka apel ini dapat membantu  mengatasi masalah panas dalam. Kandungan vitamin C  di dalamnya sangat efektif  meredakan gejala panas dalam dan efektif untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Selain itu, kandungan serat pada apel juga sangat baik untuk pencernaan tubuh.

6. Makanan laut

Anda juga bisa memanfaatkan makanan laut untuk mengobati masalah panas dalam. Namun ingat, makanan ini tidak dianjurkan bagi anda yang memiliki masalah alergi terhadap makanan laut. Makanan laut mengandung turin yang efektif untuk mengatasi panas dalam dan meredakan rasa sakit pada pencernaan anda.

7. Air garam

Mungkin bagi sebagian orang akan merasa enggan untuk mencicipi air garam, apalagi meminumnya. Namun tahukah anda bahwa air garam ternyata merupakan cairan antiseptik alami yang dapat mengusir bakteri dalam mulut, sehingga bau mulut teratasi. Antiseptik tersebut juga dapat membantu mengatasi sakit tenggorokan, sariawan, serta sakit gigi.

8. Kacang hijau

Kacang hijau juga sangat baik untuk mengatasi masalah panas dalam. Anda bisa mengkonsumsi sari kacang hijau untuk meredakan gejala panas dalam. Kandungan zat besi di dalamnya efektif untuk meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh yang sehingga dapat mencegah penyakit anemia. Selain kacang hijau juga dapat memanfaatkan jenis kacang lainnya untuk mengobati panas dalam.

Demikianlah informasi tentang Penyebab, gejala, dan cara mengobati panas dalam. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung ke situs kami, Silahkan tinggalkan komentar