Penyebab Pilek dan Cara Mengobatinya

rina

Penyebab pilek dan cara mengobatinya - Pilek adalah salah satu jenis infeksi ringan yang terjadi pada hidung, saluran sinus, tenggorokan, dan saluran bagian atas akibat serangan virus. Biasanya pilek lebih sering dialami oleh anak-anak hingga dewasa, hal itu tergantung pola hidup yang diterapkan dan kuatnya daya tahan tubuh setiap orang.

Berbicara mengenai pilek, ada banyak hal yang menjadi penyebab terjadinya pilek. Seperti yang telah disinggung di atas, yang paling utama yaitu karena pola hidup yang kurang sehat. Jika daya tahan tubuh kurang dan pola hidupnya tidak sehat, maka akan semakin besar resiko terserang pilek. Biasanya orang yang terserang pilek akan mengalami beberapa gejala yang dapat dikenali. Antara lain, hidung sering mengeluarkan ingus, sering bersin, sering batuk, pernafasan tidak lancar, dan lain sebagainya.

Lantas, bagaimana cara mengobati dan mencegah pilek? Untuk mencegah dan mengobati pilek, yang paling utama adalah tahu mengenai penyebab dan gejalanya. Adapun gejala yang dimaksudkan sudah dijelaskan sedikit di atas. Nah, berikut ini beberapa penyebab terjadinya pilek dan juga cara mengobatinya.

Penyebab Pilek dan Cara Mengobatinya
Penyebab Pilek dan Cara Mengobatinya

Penyebab pilek

1. Tubuh kurang cairan

Tubuh yang kurang cairan dapat menimbulkan rasa pusing, badan tidak enak, dan masih banyak lagi. Gangguan yang juga sering dialami akibat tubuh kurang cairan yaitu terserang pilek. Minumlha banyak air putih atau air mineral untuk menambah cairan dalam tubuh anda. Jika membiarkan cairan tubuh anda terkuras, maka akan dengan mudah terserang gangguan penyakit.

2. Sedang stres

Seseorang yang sedang mengalami stres, baik itu karena masalah pekerjaan, masalah rumah tangga, masalah hubungan dengan orang lain, atau masalah lainnya, bisa dengan mudah terserang gangguan kesehatan seperti flu, demam, dan sebagainya. Oleh sebab itu, sangat penting untuk memperhatikan seberapa kuat otak kita memikirkan suatu hal atau suatu masalah. Jangan berlebihan dalam memikirkan hal apapun agar tidak mengalami stres berlebihan.

3. Sering kurang tidur

Kebiasaan begadang atau kurang tidur bahkan tidak tidur di malam hari dapat menyebabkan datangnya berbagai macam gangguan kesehatan. Apalagi jika kurang tidur tersebut dilakukan secara sering, maka akan lebih tinggi resiko terserang gangguan kesehatan. Adapun gangguannya antara lain seperti pilek, flu, badan panas, pusing, dan masih banyak lagi.

4. Salah mengobati penyakit

Mungkin mudah saja seseorang keliaru mengira penyakit lain sebagai pilek. Anda mengira sudah mengobati pilek ini selama beberapa minggu. Ternyata anda baru sadar yang menyebabkan anda pilek berlama-lama tersebut adalah karena anda alergi terhadap suatu hal, entah itu makanan, suasana, atau sebagainya.

Cara mengobati pilek

1. Minum teh hangat

Teh hangat memang selalu membuat badan menjadi hangat dan bersemangat. Begitu juga ketika anda sedang demam, pilek, atau sebagainya. Untuk mengobati gangguan pilek, anda bisa minum teh hangat. Dengan demikian akan membantu melawan virus penyebab pilek. Bahkan hal ini telah dibuktikan oleh studi ilmiah di Universitas Harvard.

2. Minum ramuan gingseng

Gingseng juga merupakan salah satu bahan alami yang baik untuk melawan virus dalam tubuh, terutama virus penyebab pilek. Jika anda mengalami masalah pilek anda bisa memanfaatkan ramuan yang terbuat dari gingseng. Ramuan gingseng ini akan membantu mengobati pilek yang anda alami secara perlahan.

3. Cobalah makan sup atau kaldu ayam

Sup atau kaldu ayam selain memiliki rasa yang enak juga dapat membantu mengobati pilek. Hal ini karena sup atau kaldu ayam yang dikonsumsi dalam keadaan panas atau hangat dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu juga dapat membantu meningkatkan kerja sel darah putih saat melawan infeksi. Agar lebih maksimal, campurkan dengan sayuran penuh vitamin seperti daun bawang wortel, atau kentang.

4. Mandi air panas

Mandi menggunakan air panas atau air hangat sangat baik bagi anda yang sedang mengalami gangguan kesehatan seperti pilek. Mandi dengan air hangat akan membuat tubuh menjadi lebih segar. Selain itu, uap air panas dalam ruangan akan membantu mengeluarkan cairan atau lendir dari hidung. Ketika mandi air hangat dan anda bersin, maka itu pertanda baik. Tapi ingat, jangan berlebihan.

5. Minum air mineral cukup

Minum air putih atau air mineral secara cukup akan membantu mengobati pilek yang anda alami. Hal ini karena air dapat mencegah dehidrasi dan membantu melawan penyakit serta meningkatkan kekebalan tubuh. Jika anda pilek, minumlah air putih atau air mineral yang cukup, karena juga akan membantu mengeluarkan cairan atau lendir dari tenggorokan dan hidung.

6. Bersihkan hidung dengan air garam

Membersihkan hidung juga sangat penting untuk dilakukan. Hal ini ditujukan untuk menjaga agar hidung tetap terjaga kesehatannya, serta pernafasan pun tetap lancar. Ketika anda pilek, anda juga perlu memberihkan hidung dengan air. Namun air yang digunakan adalah air garam. Air garam ini akan membantu mengeluarkan cairan dari hidung. Memang awalnya terasa tidak nyaman, namun itu hanya sementara.

7. Minum susu

Minumlah susu saat anda mengalami pilek. Susu mengandung vitamin D yang sangat penting dalam melawan infeksi. Namun yang perlu diingan, bayi atau balita yang masih menyusui sebaiknya tetap diberikan ASI. Dengan mengkonsumsi susu secara rutin akan membantu mengobati pilek secara perlahan.

8. Makan telur

Telur memiliki kandungan asam amino dan protein yang sangat penting untuk melawan infeksi virus atau bakteri dalam tubuh. Mengkonsumsi telur, baik itu telur rebus, teluar dadar yang digoreng dengan mentega, atau telur lainnya, dapat membantu mengobati pilek yang anda alami. Anda hanya perlu mengkonsumsinya secara teratur.

9. Tidur dengan bantal yang tinggi

Pola tidur pun dapat mempengaruhi kesehatan tubuh anda. Perlu anda perhatikan bahwa tidur dengan bantal yang rendah akan membuat tubuh anda terasa tidak nyaman. Gunakan bantal yang tinggi yang sekiranya pas. Hal ini ditujukan untuk mendapatkan tidur yang nyaman dan nyenyak. Selain itu, tidur dengan bantal yang tinggi akan membantu mengobati pilek yang anda alami.

Demikianlah informasi tentang Penyebab Pilek dan Cara Mengobatinya. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung ke situs kami, Silahkan tinggalkan komentar