Manfaat dan Efek Samping Buah Kesemek untuk Kesehatan

rina

Manfaat dan efek samping buah kesemek untuk kesehatan - Buah kesemek memiliki sebutan lain dari bahasa inggris yaitu prasimmon. Buah ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Jika kita lihat, sekilas buah ini mirip dengan tomat, sedangkan rasanya terkadang mirip dengan buah pepaya, manis dan lezat.

Berbicara mengenai buah kesemek, selain memiliki rasa yang manis dan lezat, buah ini juga memiliki banyak manfaat dan khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh. Hal ini karena adanya kandungan nutrisi dan zat gizi di dalamnya yang berperan penting dalam dunia kesehatan. Kandungan di dalamnya antara lain vitamin B6, C, serat, mineral, dan juga kandungan air yang tinggi.

Namun meskipun buah kesemek memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, buah ini juga memiliki efek samping yang dapat merugikan kesehatan tubuh anda. Nah, berikut ini beberapa manfaat dan efek samping dari buah kesemek untuk kesehatan:
Manfaat dan Efek Samping Buah Kesemek untuk Kesehatan
Manfaat dan Efek Samping Buah Kesemek untuk Kesehatan

Manfaat buah kesemek

1. Meningkatkan metabolisme tubuh

Kesemek adalah salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin B kompleks. Dimana kandungan tersebut mampu membantu proses enzimatik yang merupakan proses peningkatan metabolisme tubuh. Jadi, dengan mengkonsumsi buah kesemek secara rutin akan membantu meningkatkan metabolisme tubuh anda, dan tubuh anda pun akan menjadi lebih sehat.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Bukan hanya meningkatkan metabolisme tubuh saja, akan tetapi juga dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh atau sistem kekebalan tubuh. Buah kesemek kaya akan kandungan asam askorbat yang dapat menjadikan tubuh anda kebal terhadap virus dan bakteri jahat. Asam askorbat atau vitamin C ini akan meningkatkan sel darah putih yang membantu menjaga pertahanan tubuh.

3. Penyakit asma dan batuk berdahak

Anda juga bisa memanfaatkan buah kesemek untuk membantu mengatasi penyakit asma dan batuk. Untuk mengambil khasiatnya tersebut, anda bisa memanfaatkannya dengan cara menyiapkan terlebih dulu dua potong buah kesemek kering, tambahkan sedikit air lalu kukus hingga matang. Setelah itu lalu haluskan dan tambahkan satu atau dua sendok madu. Konsumsilah dua kali sehari.

4. Sakit perut

Jika anda sering mengalami sakit perut, anda juga bisa memanfaatkan buah kesemek untuk menyembuhkannya. Caranya, cuku mengupas satu buah kesemek segar, lalu makanlah. Dengan mengkonsumsi buah kesemek segar tersebut diyakini dapat meredakan sakit perut yang bermasalah seperti nyeri atau rasa panas di perut serta gangguan perut lainnya.

5. Diare dan disentri

Disentri memang sangat mengganggu jika tidak segera diatasi. Anda cukup menyiapkan dua potong buah kesemek yang telah dikeringkan. Rebuslah hingga menjadi bubur dengan campuran beras ketan dan irisan jeruk dua potong. Setelah tercampur rata, konsumsilah secara rutin untuk mengobati diare secara perlahan.

6. Melindungi retina mata

Kandungan zat Lutein Zeaxanthin dalam buah kesemek merupakan antioksidan yang umum terdapat dalam karotenoid alami. Berdasarkan penelitian, zat ini efektif menjaga dan meningkatkan organ penglihatan. Hal ini bekerja pada retina dan lensa mata untuk mencegah kondisi yang terkait dengan penyakit degeneratif seperti degenerasi makula dan katarak serta penyakit mata lainnya.

7.  Meningkatkan pencernaan

Bagi anda yang memiliki masalah dengan pencernaan, anda juga bisa memanfaatkan buah kesemek. Buah ini sangat baik untuk sistem pencernaan karena kaya akan kandungan seratnya. Anda cukup mengkonsumsinya secara rutin agar sistem pencernaan anda terjaga kesehatannya.

Efek samping buah kesemek

Selain memiliki manfaat, buah kesemek juga memiliki efek samping bagi kesehatan. Memang banyak manfaat yang bisa kita dapat, akan tetapi kita juga perlu berhati-hati. Jika tidak benar dalam pemanfaatannya akan bahaya bagi kesehatan. Buah ini tinggi akan kandungan zat tanin yang memiliki efek anti-gizi dan beracun untuk tubuh. Hindarilah makan buah kesemek dalam keadaan mentah, terutama yang mentah mengandung tannin yang lebih tinggi. Hal ini ditandai dengan rasa sangat kering dan mati rasa pada mulut untuk beberapa waktu setelah memakan buah kesemek. Selain itu, makan buah kesemek dalam keadaan perut kosong juga tidak baik, karena dapat menyebabkan diare jika berlebihan. Konsumsilah dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan.

Demikianlah informasi tentang Manfaat dan Efek Samping Buah Kesemek untuk Kesehatan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung ke situs kami, Silahkan tinggalkan komentar