Penyebab dan Cara Mengatasi Insomnia atau Susah Tidur

rina

Penyebab dan cara mengatasi insomnia atau susah tidur - Tidur adalah salah satu kebiasaan yang pada umumnya dilakukan oleh semua orang di malam hari diatas pukul 8 malam. Nah, tidur inilah yang akan membuat tubuh kita menjadi lebih fit, nyaman, kuat, dan sehat. Namun tidur pula yang juga bisa membuat tubuh menjadi lemas, lesu, dan mudah terserang penyakit. Mengapa demikian?

Berbicara mengenai tidur, tidur memang sangat disarankan dalam durasi waktu yang pas. Apabila berlebihan akan menyebabkan tubuh mudah terserang penyakit. Begitu pun sebaliknya, kurang tidur juga bisa menyebabkan tubuh mudah terserang penyakit. Kurang tidur biasanya disebabkan karena insomnia. Ya, insomnia atau susah tidur biasanya sering dialami oleh orang yang sudah terbiasa tidur di malam hari atau begadang. Misal, begadang karena nonton acara tv, atau karena ada kegiatan tertentu yang terlalu sering di malam hari. Inilah yang membuat tubuh menjadi terbiasa tidur malam dan susah untuk tidur di waktu yang lebih awal.

Mengenai insomnia, sebenarnya ada banyak hal yang menyebabkan seseorang mengalami insomnia. Namun pada umumnya terjadi karena kebiasaan tidur malam, bisa juga karena mengkonsumsi obat tertentu, dan bisa juga penyebab lainnya. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini beberapa penyebab dan cara mengatasi insomnia atau susah tidur:
Penyebab dan Cara Mengatasi Insomnia atau Susah Tidur
Penyebab dan Cara Mengatasi Insomnia atau Susah Tidur

1. Stres dan depresi

Ketika seseorang mengalami gangguan pada otak atau pikirannya, seperti stres atau depresi, biasanya orang tersebut akan mengalami kesusahan dalam tidurnya. Karena tiap kali menjelang tidur, gangguan tersebut akan selalu berputar dalam kepalanya. Sehingga sulit untuk menenangkan pikiran dan memejamkan matanya. Alhasil, insomnia pun menyerang.

2. Kecemasan, perasaan khawatir, dan gugup

Rasa cemas, khawatir, gugup atau sebagainya juga bisa menjadi penyebab insomnia. Hal ini hampir sejenis dengan stres atau depresi, yaitu gangguan pikiran serta hati. Gangguan kecemasan yang menyebabkan insomnia antara lain, ketegangan, memikirkan tentang masa lalu, khawatir berlebihan tentang masa depan, terlalu banyak beban dan tekanan tanggung jawab.

3. Kondisi medis tertentu

Ada banyak macam kondisi medis ringan maupun berat yang dapat menyebabkan gangguan tidur atau insomnia. Gangguan medis tersebut antara lain, alergi hidung atau sinusitis, masalah pencernaan seperti reflux, masalah endokrin seperti hipertiroidisme, radang sendi, asma, kondisi neurologis seperti parkinson, sakit kronis, nyeri punggung, dan lain sebagainya.

Cara mengatasi insomnia

Untuk mengatasi masalah gangguan susah tidur atau insomnia, ada banyak cara yang bisa anda lakukan. Dan yang paling utama adalah menjaga pola hidup sehat dan jangan terlalu banyak menanggung beban pikiran. Berikut ini beberapa cara mengatasi insomnia:

1. Tempat tidur yang nyaman

Tidurlah di tempat yang menurut anda bisa membuat tidur anda terasa nyaman. Karena tempat tidur juga berpengaruh pada kualitas tidur anda. Mulai sekarang, nyamankan tempat tidur anda, benahi barang-barang di kamar tidur anda, hindarilah sampah yang berserakan. Jangan lupa biasakan ganti seprai 3-4 hari sekali. Tambahkan juga pewangi untuk mengharumkan ruangan kamar anda.

2. Kurangi cahaya berlebih

Ketika anda ingin tidur, biasakan untuk mematikan lampu kamar, atau hanya menyalakan lampu tidur saja yang tidak terlalu menyilaukan mata. Karena saat tidur, sangat dianjurkan untuk meminimalisir cahaya yang ada di sekitar. Hal ini ditujukan agar tidak mengganggu tidur anda. Berdasarkan penelitian, tidur dengan lampu menyala atau cahaya yang terang di malam hari dapat lebih beresiko terkena penyakit tertentu.

3. Jaga kesegaran udara

Agar tidur anda bisa nyenyak, semaksimal mungkin jagalah kesegaran udara dalam ruangan kamar anda. Dengan kesegaran udara yang baik, maka tidur anda pun bisa nyenyak dan terjaga dengan baik. Karena dengan udara yang pengap atau sebagainya bisa membuat anda susah tidur bahkan terkena insomnia. Jangan sampai ruangan kamar anda tertutup rapat.

4. Mengkonsumsi madu

Mengkonsumsi berbagai macam makanan seperti buah-buahan, sayuran, dan bahan alami lainnya juga dapat membantu mengatasi masalah insomnia. Salah satunya yaitu madu, madu dapat membantu mengatasi insomnia dengan baik. Madu juga dapat membuat tubuh anda menjadi lebih rileks. Untuk mengkonsumsinya, cukup tambahkan sesendok makan madu mentah dengan segelas air hangat dan minumlah setiap kali sebelum tidur malam.

5. Susu dan kunyit

Selain madu, anda juga bisa memanfaatkan susu dan kunyit. Kedua bahan alami ini dapat membantu mengatasi gejala insomnia. Susu memiliki kandungan asam amino triptofan yang mempercepat tidur anda. Sedangkan kunyit mengandung anti inflamasi yang membantu mengurangi peradangan pada sistem pernafasan, sehingga membantu aliran pernafasan anda saat tidur.  Cukup tambahkan sesendok teh bubuk kunyit untuk satu gelas susu. Didihkan dan biarkan selama beberapa menit pada api kecil. Biarkan sejenak dan tambahkan madu secukupnya. Minumlah 30 menit sebelum tidur.

Demikianlah informasi tentang Penyebab dan Cara Mengatasi Insomnia atau Susah Tidur. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung ke situs kami, Silahkan tinggalkan komentar