Penyebab Mata Merah dan Gatal serta Cara Mengatasinya

rina

Penyebab mata merah dan gatal serta cara mengatasinya - Mata merah merupakan gejala yang paling sering dialami bagi mereka yang memiliki penyakit mata. Selain warnanya yang memerah, mata juga biasanya akan terasa gatal bahkan tak tertahankan. Itu adalah tanda adanya alergi pada mata dan gangguan mata lainnya.

Berbicara mengenai mata yang merah dan gatal, biasanya hal ini disebabkan karena ada benda yang masuk ke dalam, baik itu debu, dungau, kotoran, atau bulu binatang. Dalam dunia medis, gatal semacam ini disebut dengan istilah konjungtivitis. Mungkin bagi beberapa orang benda-benda kecil tersebut tidak membahayakan, namun bagi orang yang memiliki mata sensitiv akan muncul reaksi yang tidak diinginkan, dimana sistem kekebalan tubuh akan bereaksi dengan melepaskan histamin dan senyawa alergi lainnya sehingga mata menjadi merah, berair, terasa gatal, sensitif terhadap cahaya, teras sakit, dan bengkak. Maka tetaplah berhati-hati.

Selain itu semua, sebenarnya masih banyak yang dapat menyebabkan mata memerah dan terasa gatal. Lalu bagaimana cara mengatasi serta mengobatinya? Nah, berikut ini beberapa penyebab mata merah dan gatal serta cara mengatasinya:
Penyebab Mata Merah dan Gatal serta Cara Mengatasinya
Penyebab Mata Merah dan Gatal serta Cara Mengatasinya

Penyebab mara merah dan gatal

1. Akibat alergi

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa mata merah dan gatal bisa disebabkan karena alergi. Alergi mata akan membuat mata terasa gatal dan memerah serta berair. Bahkan terkadang terjadi pembengkakan pada kelopak mata dan terlihat seperti berisi cairan.

2. Terdapat luka pada mata

Selain alergi, bisa juga mata yang memerah dan gatal ini disebabkan karena adanya luka pada mata anda. Jika memang tedapat luka pada mata anda, maka segeralah ditangani secepat mungkin agar tidak menimbulkan infeksi dan gangguan lebih parah.

3. Terinfeksi virus

Mungkin saja anda terinfeksi virus yang biasa menyerang mata. Infeksi ini biasanya berhubungan dengan ISPA. Ketika mata terinfeksi virus, maka akan berair, gatal, memerah, terasa bengkak dan seperti seperti ada yang mengganjal pada mata anda. Segeralah periksakan ke dokter mata.

4. Terinfeksi bakteri

Selain virus, bakteri juga bisa menjadi penyebab mata anda memerah dan terasa gatal. Bakteri yang menjadi penyebab gangguan tersebut yaitu bakteri staphylococcus dan bakteri pneumoccocus. Mata akan terasa perih disertai dengan keluarnya belek atau kotoran mata berwarna kuning pekat seperti nanah. Hal ini akan lebih terlihat ketika anda bangun tidur.

Cara mengatasi mata gatal dan merah

1. Irisan timun

Timun memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan dan kecantikan tubuh. Salah satu manfaat irisan timun yaitu dapat membantu mengatasi mata gatal dan merah. Cukup letakkan irisan tumun pada mata dan biarkan hingga timun kering. Hal ini karena timun memiliki kandungan anti-iritasi yang menyegarkan.

2. Susu murni

Susu murni juga bisa anda manfaatkan untuk mengatasi mata gatal dan merah. Untuk caranya yaitu dengan meneteskan beberapa tetes susu murni pada kapas lalu letakkan kapas diatas mata, tunggulah hingga beberapa saat.Lakukanlah secara rutin agar mata bisa cepat sembuh.

3. Kentang

Anda juga bisa memanfaatkan kentang sebagai obat alai untuk menyembuhkan mata yang merah dan gatal. Jika anda tiba-tiba merasa gatal dan mata anda memerah, maka segeralah ambil beberapa potong kentang lalu jadikan sebagai masker mata dan kemudian tunggulah hingga beberapa saat.

4. Minyak jarak

Salah satu jenis minyak yang juga berperan penting dalam menyembuhkan mata merah serta gala adalah minyak jarak. Minyak ini bersifat anti inflamasi yang baik untuk menyembuh mata gatal dan merah. Namun tetap diingat, gunakanlah minyak jarak yang 100% murni tanpa ada campuran bahan lainnya.

5. Teh celup

Teh celup selain memiliki rasa yang nikmat juga memiliki manfaat yang hebat, yaitu dapat membantu mengatasi mata merah dan gatal. Kandungan nioflavonoid dan asam tannic dalam teh ini mampu melawan infeksi bakteri dan virus. Untuk menggunakannya, anda hanya perlu menempelkan kantung teh celup di atas mata anda dan tunggu beberapa saat.

6. Kompres dingin

Sejak zaman dahulu, para orang tua biasanya memberikan kompres dingin kepada anaknya yang matanya sedang sakit dan merah. Cara tradisional ini sebenarnya efektif mengatasi mata gatal dan merah. Caranya yaitu dengan memercikkan air dingin secara langsung ke arah mat. Selain itu juga bisa dilakukan dengan cara meletakkan beberapa es batu pada mata dalam keadaan tertutup.

7. Air mawar

Air mawar juga bisa anda manfaatkan untuk mengatasi mata merah. Caranya cukup praktis karena bisa dilakukan sendiri di rumah. Anda hanya perlu membersihkan mata dengan air mawar minimal tiga kali sehari hingga mata anda terasa membaik dan tidak terasa iritasi lagi. Dengan air mawar, mata akan terasa lebih nyaman dan sejuk.

8. Sendok dingin

Anda juga bisa menggunakan sendok dingin untuk mengobati sakit mata. Cukup sederhana. Letakkan dan simpan sendok ke dalam lemari es. Setelah dirasa cukup dinginnya, anda bisa menempelkannya pada mata anda yang dalam keadaan tertutup. Tunggu beberapa saat.

Demikianlah informasi tentang Penyebab Mata Merah dan Gatal serta Cara Mengatasinya. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung ke situs kami, Silahkan tinggalkan komentar