Cara Mengobati Cantengan pada Kuku Kaki dan Tangan

rina

Cara mengobati cantengan pada kuku kaki dan tangan - Cantengan memiliki nama lain paronikia, gangguan kesehatan ini disebabkan akibat infeksi bakteri yang terjadi antara lipatan kulit dan kuku pada jempol kaki. Selain itu, cantengan juga bisa disebabkan karena kuku yang tumbuh dan menusuk kulit yang kemudian menyebabkan tumbuhnya bakteri dan terjadi infeksi.

Berbicara mengenai cantengan, biasanya orang yang mengalami cantengan akan mengeluhkan beberapa hal terkait dengan rasanya, yaitu rasa nyeri, bengkak, kemerahan, dan juga bernanah. Hal ini akan sangat terasa sakit apabila tertekan suatu benda atau kesenggol suatu benda. Oleh sebab itu banyak orang yang mengeluhkan akan cantengan yang dialaminya.

Untuk mengobati cantengan, sebenarnya ada banyak cara yang bisa anda pilih untuk dilakukan. Namun, sebaiknya anda tahu terlebih dulu mengenai penyebab cantengan yang anda alami. Hal ini ditujukan untuk mencegah cantengan datang kembali. Berikut ini beberapa penyebab cantengan pada kuku:
Cara Mengobati Cantengan pada Kuku Kaki dan Tangan
Cara Mengobati Cantengan pada Kuku Kaki dan Tangan

Penyebab kuku cantengan

  • Biasanya disebabkan karena kesalahan dalam memotong kuku, yaitu melewati batas maksimal pertumbuhan, atau pemotongan yang tidak rata dibagian atas kanan kirinya, maka bisa menyebabkan infeksi bakteri yang menyebabkan terjadinya cantengan.
  • Kesalahan yang juga biasa dilakukan adalah mengorek kuku kaki. Ya, apakah anda pernah melakukan kebiasaan ini saat kuku anda kotor? Justru ini dapat menyebabkan terjadinya infeksi bakteri dan menyebabkan cantengan.
  • Pernah menggigit kuku? Jika pernah, ini juga merupakan salah satu penyebab terjadinya infeksi bakteri dan menyebabkan cantengan. Kebiasaan menggigit kuku ini akan memudahkan kulit yang seharusnya terlapisi kuku terserang bakteri.
  • Kebiasaan memakai kaos kaki atau sepatu sempit juga menjadi penyebab infeksi bakteri. Hal ini memang terjadi secara tidak sadar. Jika terlalu sering akan menyebabkan cantengan.
  • Yang terakhir adalah kurangnya kesadaran diri untuk menerapkan pola hidup sehat, salah satunya yaitu merawat kuku. Meskipun terkesan sepele, namun dengan merawat kuku akan membantu menghindarkan infeksi bakteri. Jika tidak pernah dirawat, maka cantengan akan mudah menyerang.

Cara mengobati cantengan pada kuku

Apabila anda sudah mengetahui apa saja penyebab dari cantengan kuku anda, sekarang anda perlu tahu bagaimana cara mengoabtinya. Untuk mengobati cantengan tidaklah sulit, anda bisa melakukannya dengan menggunakan cara alami. Berkut ini cara mengobati cantengan pada kuku:

1. Rendam dengan air hangat

Untuk mengobati cantengan, anda bisa menyiapkan air hangat yang diletakkan di dalam baskom. Kemudian rendamlah kaki anda yang mengalami sakit cantengan selama kurang lebih 15 menit. Hal ini ditujukan untuk meredakan rasa sakit dan mengempeskan bengkak pada kaki yang sakit cantengan. Lakukanlah tips ini ketika kuku anda mulai terasa sakit, keras dan kemerahan.

2. Daun dewa

Mungkin banyak yang belum mengenal daun dewa, anda bisa cari tahu mengenai daun dewa di internet. Untuk mengobati cantengan dengan daun dewa, siapkan daunnya yang masih terlihat, kemudian cucilah hingga bersih. Tumbuklah daun dewanya hingga halus dan aplikasikan pada bagian yang cantengan. Lakukan 2 kali sehari secara rutin.

3. Jahe

Anda juga bisa memanfaatkan jahe untuk mengobati cantengan. Pertama cukup menyiapkan jahe yang telah dikupas dan dicuci bersih. Kemudian parutlah jahe yang sudah bersih dan campurlah dengan minyak kelapa. Lalu pangganglah kedua bahan tersebut, namun jangan sampai kering. Setelah dipanggang, tempelkan pada bagian yang cantengan. Agar kuat, balutlah dengan perban dan rekatkan. Lakukan selama 3 hari sampai kuku anda lepas dan sembuh dari cantengan.

4. Daun kuku pacar, jeruk nipis, dan gula merah

Untuk mengobati cantengan dengan kombinasi ketiga bahan ini, anda bisa mulai dengan menyiapkan semua bahannya. Cuci daun kuku pacar, peras jeruk nipisnya, dan tumbuk gula meah hingga halus. Kemudian campurkan semua bahan dan aduk hingga merata. Tempelkan pada bagian yang terkena cantengan.

5. Bila kuku tertancap, cabut kuku akan membantu

Jika anda menemukan kuku anda tertancap dan terlihat dalam tancapannya, maka sebaiknya anda mencabut kelebihan kuku yang tertancap tersebut agar bisa sembuh dan perluasan infeksi bisa berkurang. Pastikan anda mencabutnya di tempat yang tepat, yaitu dokter yang pada bidang ahlinya. Setelah dicabut, anda akan diberi obat pereda nyeri dan antiradang serta antibiotik untuk mengurangi peradangan dan infeksi yang terjadi.

6. Bawa ke dokter bila mengeluarkan nanah dan terlihat parah

Biasnya, kuku cantengan yang tidak dirawat selama 3 hari saja akan menyebabkan masalah serius, yaitu terkandungnya nanah di bawah kulit atau kuku. Meskipun tidak dipegang, tapi akan terasa sakit dan nyeri. Bisa dibilang masalah ini yang paling mengerikan, karena nanah dipaksa keluar untuk meminimalisir kondisi yang lebih buruk ke depan. Gunakanlah alat-alat yang steril untuk mengeluarkan nanah hingga habis tuntas agar tidak terkena infeksi bakteri. Sebaiknya bawa ke dokter agar lebih aman.

Demikianlah informasi tentang Cara Mengobati Cantengan pada Kuku Kaki dan Tangan. Semoga infromasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung ke situs kami, Silahkan tinggalkan komentar