Penyebab Mata Bengkak dan Cara Mengatasinya

rina

Penyebab mata bengkak dan cara mengatasinya - Mata adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting, merupakan indra penglihatan yang sangat dibutuhkan oleh setiap orang untuk melihat benda atau orang yang ada disekitar.

Berbicara mengenai mata, mungkin kebanyakan dari kita terkadang sering mengabaikan akan kesehatan mata, dalam artian kurang perawatan. Sehingga mudah tekena penyakit atau gangguan kesehatan pada mata. Salah satu gangguan kesehatan pada mata yaitu mata bengkak. Memang mata bengkak bisa disebabkan karena sering menangis, namun bisa juga disebabkan karena penyakit tertentu.

Untuk mengatasi masalah mata bengkak, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Namun sebelum melakukan pengobatan, kita perlu tahu terlebih dahulu mengenai penyebab mata bengkak. Hal ini ditujukan agar kita bisa menghindari penyebab tersebut.
Penyebab Mata Bengkak dan Cara Mengatasinya
Penyebab Mata Bengkak dan Cara Mengatasinya

Penyebab mata bengkak

1. Menangis

Setiap orang pasti pernah menangis, siapapun itu. Namun menangis juga ada batasannya dan sewajarnya saja, artinya tidak berlebihan dan terus menerus. Mengapa demikian? Karena menangis berlebihan dapat mengganggu kesehatan mata, salah satunya yaitu mata membengkak. Hal ini karena adanya retensi cairan pada kelenjar mata di sekitar kelopak mata.

2. Kurang tidur

Mata yang membengkak bukan hanya disebabkan karena sering menangis, mata bengkak juga bisa disebabkan karena kebiasaan begadang atau kurang tidur. Kurang tidur jika terlalu berlebihan dan terus-menerus bisa menyebabkan mata menjadi lelah. Hal inilah yang kemudian dapat menyebabkan mata anda membengkak.

3. Cedera pada mata atau sekitar kelopak mata

Anda pernah mengalami cidera pada bagian mata atau sekitar kelopak mata anda? Jika pernah, pasti anda sudah tahu kalau hal itu akan membuat mata anda menjadi lebab dan bengkak. Ya, salah satu penyebab mata membengkak adalah karena mata atau bagian sekitar mata mengalami cidera akibat benturan benda keras atau bahkan dipukul seseorang.

4. Gigitan serangga di area sekitar

Ketika anda mengalami mata bengkak, apakah sebelumnya anda pernah digigit serangga di area sekitar mata? Jika memang area sekitar mata anda pernah terkena gigitan serangga, itulah salah satu penyebab mengapa mata anda bisa membengkak..

5. Polusi udara

Seringnya anda keluar ruangan karena tuntutan suatu aktivitas atau pekerjaan yang menuntut anda bekerja di lapangan, ini juga bisa menyebabkan mata anda bengkak. Hal ini karena polusi udara yang dapat membuat mata mudah iritasi dan sehingga mata anda menjadi bengkak karena reaksi inflamasi tersebut.

6. Reaksi alergi obat

Anda alergi terhadap obat? Jika benar, maka hal itu juga bisa menyebabkan mata anda menjadi bengkak. Alerggi obat tertentu akan membuat kulit menjadi lebab dan muncul bintik-bintik merah yang kemudian akan mempengaruhi bentuk mata anda, sehingga mata anda akan terlihat lebih besar dan membengkak.

7. Genetik

Anda pernah melihat mata seseorang bengkak, namun orang tersebut tidak sedang menangis atau sedang kurang tidur. Jika iya, coba segera periksakan ke dokter. Jika bukan karena penyakit atau penyebab lain, mungkin saja disebabkan karena genetik atau keturunan. Ya, apabila orang tua atau kakek neneknya memiliki mata yang terlihat bengkak, maka bisa turun ke anak-anaknya.

8. Flu dan sinusitis

Sinusitis adalah peradangan yang terjadi di sekitar rongga hidung, ditandai dengan gejala seperti pilek, hidung tersumbat dan nyeri pada wajah. Ketika anda terserang flu atau sinusitis, maka akan timbul retensi cairan pada kelenjar mata anda, sehingga hal ini akan menyebabkan mat anda menjadi bengkak

Cara mengobati mata bengkak

1. Dengan mengkompres

Untuk megatasi mata bengkak, anda bisa menggunakan cara yang paling mudah, yaitu dengan mengkompres mata anda yang bengkak menggunakan air dingin. Rendamlah handuk kecil ke dalam air dingin kemudian dikompreskan pada mata atau dengan mengompresnya menggunakan kantung plastik yang diisi dengan es batu. Lakukanlah secara rutin sampai mata anda normal kembali.

2. Memakai mentimun

Anda juga bisa memanfaatkan mentimun untuk mengatasi bengkak pada mata anda. Mungkin anda sering melihat mentimun diletakkan di atas mata ketika seseorang memakai masker. Hal ini ditujukan untuk menghindari pembengkakan pada mata. Dinginkan mentimun pada kulas kurang lebih 10 menit. Lalu tempelkan pada mata anda.

3. Memakai kentang

Bukan hanya mentimun saja, anda juga bisa menggunakan kentang. Anda cukup mengupas kentang dan cuci sampai bersih, setelah itu keringkan kentang tersebut. Kalau sudah, parutlah kentang dan bungkuslah menggunakan kain. Kemudian anda tinggal mengompreskan pada mata anda yang bengkak.

4. Teh celup

Untuk memanfaatkan teh celup anda hanya perlu menyediakan teh celup lalu seduh dengan air panas. Angkat teh celup tersebut dan diamkan sebentar hingga menjadi hangat. Setelah itu anda tinggal menempelkan teh celup pada mata anda yang bengkak. Tutuplah mata anda dengan kain dan tunggu antara 5-10 menit.

5. Obat tetes mata

Selain dengan cara alami, anda juga bisa menggunakan obat tetes mata yang lebih mudah dan praktis tanpa menyiapkan bahan-bahan. Anda cukup meneteskan obat mata tersebut pada area mata yang bengkak. Tapi yang perlu anda perhatikan, gunakan obat mata yang aman dan sudah terpercaya. Dan pastikan ada petujuk penggunaan yang ada dalam kemasan.

6. Memakai krim

Krim mata juga ada yang bisa digunakan untuk mengatasi mata bengkak. Jika anda merasa cara alami yang anda gunakan tidak terlalu berefek, maka cobalah dengan menggunakan krim anti peradangan atau krim yang mengandung kafein. Krim tersebut akan membantu mengecilkan pembuluh darah di bawah mata sehingga mengurangi pembengkakan. Oleskan krim tersebut di kulit bawah mata.

Demikianlah informasi tentang Penyebab Mata Bengkak dan Cara Mengatasinya. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung ke situs kami, Silahkan tinggalkan komentar